Menuju Adiwiyata Provinsi, SDN 005 Titian Resak Terima Kunjungan Tim Penilai dari DLH Kabupaten Inhu

Menuju Adiwiyata Provinsi, SDN 005 Titian Resak Terima Kunjungan Tim Penilai dari DLH Kabupaten Inhu

INHU - Penilaian sekolah Adiwiyata di Kabupaten Inhu mulai dilakukan. Terlihat tim penilai dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melakukan verifikasi dan validasi lapangan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 005 Titian Resak, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Rabu (08/05/2024).

Isnaini SE selaku pengendali dampak lingkungan DLH Inhu saat diwawancarai wartawan mengatakan bahwa Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Gerakan ini kata dia, bertujuan untuk mewujudkan perilaku ramah lingkungan hidup dari warga sekolah.

Program Adiwiyata ini sendiri dilaksanakan secara berjenjang dan diklasifikasikan berdasarkan nilai yang dicapai, yaitu Adiwiyata Kabupaten, Adiwiyata Provinsi, Adiwiyata Nasional, dan Adiwiyata Mandiri.

"Kami datang ke sekolah ini untuk melakukan sosialisasi dan bedah dokumen untuk persiapan menuju sekolah adiwiyata tingkat provinsi Riau. Yang mana ini merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," kata Isnaini.

Dijelaskan Isnaini, SDN 005 Titian Resak sendiri diketahui telah di calonkan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Riau dan telah melakukan gerakan PBLHS, maka dari itu SDN 005 Titian Resak akan menuju Adiwiyata Provinsi.

"Untuk Kabupaten Indragiri Hulu ini ada 2 sekolah yang mengikuti sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Riau yaitu, SDN 005 Titian Resak, Kecamatan Seberida dan MIS Mambaul Hisan di Desa Rimpian, Kecamatan Lubuk Batu Jaya. Dimana salah satu dari sekolah tersebut yang memenuhi kriteria sebagai sekolah Adiwiyata nantinya akan dipilih untuk menuju tingkat provinsi," tambahnya.

"Nah, untuk menjadi Adiwiyata Kabupaten sekolah maksimal harus memiliki nilai 70, untuk Provinsi 80, untuk Nasional 90 dan untuk Adiwiyata mandiri sekolah tersebut harus memiliki nilai 95," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SDN 005 Titian Resak, Hj.Luluk Sutrisnani SS, S.Pd SD M.Si mengucapkan terimakasih kepada tim dari Adiwiyata DLH Inhu yang telah berkunjung ke SDN 005 Titian Resak. Kepsek pun berharap kiranya SDN 005 Titian Resak dapat lulus pada seleksi Adiwiyata untuk tingkat provinsi Riau.

"Kami juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada orangtua murid serta para peserta didik para guru dan seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi untuk mendukung seluruh program di sekolah ini," kata Luluk Sutrisnani.

Hj.Luluk Sutrisnani juga sangat berharap bisa lulus terpilih SDN 005 Titian Resak sebagai calon sekolah adiwiyata untuk tingkat provinsi Riau dari 2 kandidat yang ada. Dalam hal itu ia menyampaikan, "Keluarga besar SDN 005 Titian Resak siap melakukan yang terbaik untuk mengikuti program ini.

Untuk menuju sekolah adiwiyata Luluk Sutrisnani juga berharap, perlunya komitmen dari seluruh warga sekolah serta pelibatan seluruhnya. 

"Kerja sama juga perlu dilakukan dengan pemangku kepentingan terkait yang dapat mendukung sekolah adiwiyata," ucapnya.(sur)

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index