Perpisahan Bukan Akhir dari Segalanya, Ini Pesan yang Disampaikan Kamad MA Al Ihsan Buluh Rampai

Perpisahan Bukan Akhir dari Segalanya, Ini Pesan yang Disampaikan Kamad MA Al Ihsan Buluh Rampai

INHU - Bertempat di Pendopo MA Al Ihsan Buluh Rampai Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, menggelar acara perpisahan sekaligus wisuda siswa/siswi kelas Xll, Sabtu (11/5/2024).

Hadir dalam acara itu, perwakilan dari Kemenag Inhu, H. Ondrizal S. IP, selaku Kasi Pendas, Camat Seberida yang diwakili Kasi PMD, Cornelia Chandra S.Hut, Kepala Desa Buluh Rampai, yang diwakili Sekdes Wahyudi S.Ag, Kepala MA Al Ihsan, Hj. Herawati S.Ag, Ketua Komite, Pengurus Yayasan Al Insan, Kepala MTs Al Ihsan, Kepal SMPN 1,2 dan 3 Seberida, Ketua PGRI Kecamatan Seberida serta mejelis guru, siswa, orang tua siswa dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala MA Al Ihsan, Hj. Herawati S.Ag dalam kata sambutannya menghaturkan terimakasih atas kehadiran daripada para tamu undangan yang hadir dan juga permohonan maaf apabila terjadi kekurangan dalam pelayanan yang diberikan.

Hj. Herawati juga mengucapkan selamat atas lulusnya para siswa dan siswi kelas Xll sebanyak 133 orang yang telah lulus 100 persen. Ia juga berpesan kepada siswa yang telah menamatkan pendidikannya di MA Al Ihsan ini agar bisa melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi lagi.

" Kalian anak-anak ibu jangan puas sampai disini dalam menimba ilmu, ibu berharap kalian semua dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi," pesannya.

Selain itu dia juga beranggapan bahwa acara perpisahan itu bukan berarti putus hubungan silaturahmi, namun merupakan awal khususnya bagi siswa untuk terjun langsung ke tengah masyarakat.

"Hari ini adalah hari yang sangat berat untuk kita semua. Walaupun berat hati tentu mau tidak mau harus kita terima kenyataan ini. Ada pertemuan tentu ada perpisahan," ungkapnya.

"Perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya, tapi merupakan proses untuk mencapai masa depan yang lebih baik," tambahnya.

Dia menjabarkan bahwa perpisahan sekolah merupakan hal yang spesial karena semuanya berkumpul untuk merayakan satu kemenangan sekaligus berpisah. Perpisahan yang terjadi dengan tujuan agar bisa meraih pendidikan yang lebih baik dan lebih tinggi lagi. Semuanya demi masa depan yang lebih baik. Perasaan yang dirasakan pastinya bercampur aduk. Ada yang sedih, senang dan sebagainya.Tapi ini semuanya pasti membawa makna sendiri bagi kita semua.

Ditambahkan Hj. Erawati," Siswa yang tamat di tahun pelajaran 2023/2024 angkatan ke 30 ini sebanyak 133 siswa/siswi agar nanti setelah lepas dari MA ini, bisa  melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Sementara itu perwakilan orang tua siswa yang diwakili Kasyanto orang tua dari Riska Ananda Putri menyampaikan dalam sambutannya, kami atas nama segenap orang tua wali siswa mengucapkan terimakasih banyak kepada bapak ibu guru atas bimbingan dan pendidikan yang telah diberikan kepada putra putri kami dalam kurun waktu 3 tahun.

" Semoga apa yang telah bapak/ibu guru berikan kepada putra putri kami bisa menjadi satu ilmu yang bermanfaat untuk menjalani kehidupan dimasa depan," ungkapnya.

Ucapan permohonan maaf juga disampaikan Kasyanto, mungkin selama 3 tahun menuntut ilmu di madrasah ini, ada perilaku anak - anak kami yang kurang berkenan dihati bapak/ibu guru MA Al Ihsan, kami atas nama orang tua mereka, mohon maaf yang sebesar besarnya.

" Kami juga berpesan kepada ananda-ananda kami, untuk terus gapai cita-cita serta melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, tentu didorong juga dengan dukungan dan motivasi dari orang tua masing-masing," tutupnya.

Acara yang berlangsung hikmad itu juga dilengkapi sejumlah penampilan terbaik dari siswa siswi seperti tari persembahan, tari daerah, puisi dan paduan suara. Diakhir acara seperti biasa diadakan salam-salaman antar siswa dan guru setelah dilakukan wisuda. Saat itu kegembiraan terpancar diraut wajah mereka yang turut menyaksikan moment perpisahan tersebut.

Bukan hanya moment gembira yang mereka rasakan pada saat itu, tetapi ada rasa haru dan sedih, juga tersirat dalam wajah-wajah mereka.(sur)

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index