Cerita Fikri, Santri yang Pernah Sebut Prabowo Menteri Jokowi, Tak Sangka Jadi Kenyataan

Cerita Fikri, Santri yang Pernah Sebut Prabowo Menteri Jokowi, Tak Sangka Jadi Kenyataan
Foto: internet

Riaukarya.com - Siapa sangka ucapan Muhammad Askal Fikri (20), pemuda asal Kuripan Lor Gang 23, Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, jadi kenyataan. 

Tiga tahun lalu di hadapan Presiden Jokowi, Fikri menyebut bahwa Prabowo Subianto merupakan salah satu menteri Jokowi. 

Padahal, saat itu Prabowo tidak masuk dalam menteri kabinet Jokowi. Selain itu, Prabowo juga merupakan mantan rival Jokowi saat Pilpres 2014. Pernyataan itu disampaikan Fikri saat diminta Jokowi menyebutkan nama-nama menteri dalam Kabinet Kerja I. 

Jokowi saat itu tengah membagi-bagikan sepeda kepada sejumlah santri Pondok Pesantren (Ponpes) Asrama Perguruan Islam (API) di Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Namun sekarang, apa yang disampaikan Fikri jadi kenyataan. Prabowo dilantik Jokowi menjadi Menteri Pertahanan. 

Lalu, apa sebenarnya yang membuat Fikri menyampaikan hal tersebut? 

Fikri mengaku spontan menjawab tiga nama menteri yang diminta Jokowi. Saat naik ke atas panggung, ia gugup. Fikri kemudian menyebut nama yang terlintas di pikirannya. 

"Saya jawab Megawati, Ahok, Prabowo, sebelum saya naik tidak ada pikiran (nama menteri). Udah naik jawab spontan saja gitu," ujar Fikri melansir Tribunjateng.com, Jumat (25/10/2019) siang. 

Fikri mengaku sama sekali tidak mengetahui nama menteri Jokowi saat itu. 

Ini karena Fikri yang saat itu tinggal di pondok pesantren jarang sekali menonton televisi. "Enggak tahu menteri apa, nonton tivi jarang, seminggu sekali," ucap Fikri. 

Saat turun dari atas panggung, Fikri sempat diejek teman-temannya. Namun, hal itu tak dihiraukannya. Yang penting, kata Fikri, ia berani maju. Keberaniannya itu mendapat ganjaran dari Jokowi berupa sepeda. 

"Turun-turun itu diejek-ejek teman. Jawabnya salah, dapat sepeda malah ketawa. Ya enggak apa-apa. Kalau ditunjuk, berani maju. Salah enggak apa-apa," ujar Fikri. 

Diberitakan sebelumnya, video Fikri, santri yang menyebut Prabowo Subianto merupakan salah satu menteri Jokowi, kembali viral. Ini karena 'ramalan' santri tersebut menjadi kenyataan. Jokowi pada Kabinet Indonesia Maju menunjuk Prabowo menjadi Menteri Pertahanan. 

Berikut video Fikri yang dulu sempat viral:

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index