Agar Lebih Memahami Tupoksi, 40 Anggota DPRD Inhu Ikuti Orientasi Selama 4 Hari di Pekanbaru

Ketua Sementara DPRD Inhu, Daniel Eka Perdana (Pakai peci)

INHU - Pelaksanaan orientasi yang di ikuti oleh 40 orang anggota DPRD Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) Riau, selama 4 hari kedepan sejak 8 Oktober hingga 12 Oktober 2019 ini, hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, guna belajar untuk memahami tugas-tugas pokok sebagai wakil rakyat.

Demikian disampaikan Ketua sementara DPRD Inhu, Daniel Eka Perdana kepada wartawan Selasa (8/10/2019) di Pekanbaru. 

"Semoga dengan mengikuti orientasi, para anggota dewan yang baru termasuk saya, benar-benar mengerti dan memahami tugas-tugas pokok dan fungsi sebagai wakil rakyat di parlemen," ujar Daniel.

Pelaksanaan orientasi yang diikuti 40 orang anggota DPRD Inhu, ditaja oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau di hotel Primer Pekanbaru. Pelaksanaan orientasi sesuai dengan UU nomor 23 tahun 2014 tentang peraturan daerah dan peraturan menteri dalam negeri nomor 14 tahun 2018 tentang perubahan Permendagri nomor 133 tahun 2017 tentang orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD provinsi dan Kabupaten Kota.

"Kami ini baru, kegiatan orientasi ini membantu kami dalam menjalankan tugas dan fungsi kami di DPRD sebagai wakil rakyat," ujar Daniel.

Dikatakan Daniel, sebagai wakil rakyat di DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di daerah, secara umum tugas pokok kami di DPRD adalah legislasi berkaitan dengan membentuk peraturan daerah, tugas penganggaran kewenangan dalam hal anggaran daerah dan tugas pengawasan kewenangan mengontrol pelaksanaan peraturan daerah dan peraturan lainnya yang berkaitan serta kebijakan pemerintah daerah.

"Dalam melaksanakan tugas, tentunya kami harus memahami betul tugas-tugas kami, dengan ikut orientasi ini, kami mengerti dengan kewenangan dan tanggung jawab kami kepada rakyat," pungkas Daniel.(rilis)


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar