40 Anggota DPRD Inhu Terpilih Resmi dilantik, Ini Pesan Bupati Yopi

Bupati Inhu saat menyampaikan sambutan

INHU - 40 calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terpilih, resmi dilantik sebagai anggota DPRD Inhu periode 2019-2024.

Mereka dilantik dan diambil sumpahnya dalam rapat paripurna yang dilangsungkan di Ruang Paripurna DPRD Inhu, Senin 9 September 2019.

Jalannya prosesi pelantikan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Inhu Dharma Indo Damanik, turut disaksikan oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama Wakil Bupati H Khairizal.

Hadir juga para unsur Forkopimda, pejabat di lingkungan Pemkab Inhu, Camat serta para pimpinan BUMN dan BUMD dan tokoh masyarakat.

Tidak hanya di dalam ruang paripurna, tenda yang disediakan diluar gedung DPRD turut dipadati para tamu undangan yang notabene para anggota keluarga calon anggota yang dilantik.

Membacakan pidato Gubernur Riau, dalam sambutannya Bupati Inhu H Yopi Arianto menyampaikan ucapan selamat sekaligus harapan kepada anggota DPRD terpilih.

"Kami atas nama pribadi dan pemerintah daerah mengucapkan selamat atas dilantiknya bapak/ibu sebagai anggota dprd Inhu. Selamat mengemban amanah secara jujur, adil serta penuh integritas," tutur Bupati Yopi.

"Sebagai bagian dari tahapan Pemilu serentak 2019 dengan berbagai dinamikanya, lanjut Bupati diharapkan kepada anggota dewan terpilih dapat memaknai proses pemilihan tersebut sebagai proses yang berarti dalam upaya penegakan kedaulatan rakyat, karena rakyat telah mempercayakan suaranya kepada bapak/ibu semua," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, ada tiga point penting yang turut disampaikan Bupati. Ketiga poin itu diantaranya: pertama, melindungi dan memperjuangkan kepentingan rakyat melalui fungsi legislasi DPRD. Untuk itu anggota dewan perlu memaksimalkan waktu untuk berdialog dengan masyarakat. Kedua, maksimalkan peran anggota dewan dalam pelaksanaan fungsi budgeting atau penyusunan anggaran untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat. Ketiga, terkait dengan fungsi pengawasan anggota DPRD, agar dapat dilaksanakan dengan efektif dan obyektif.

Bupati juga sampaikan terima kasih kepada anggota DPRD Inhu periode 2014-2019 atas dedikasi dan kontribusinya terhadap pembangunan di Inhu.

Adapun unsur pimpinan sementara DPRD Inhu yang diumumkan oleh Sekretaris Dewan yakni Daniel Eka Perdana dari partai Golkar dan selaku Wakil Ketua Masyrulah dari PKB.

Penyerahan palu kepemimpinan sekaligus kunci mobil dinas ketua dprd menandai akhir dari rangkaian acara pelantikan hari itu. ***


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar