Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Esemka

Presiden Jokowi didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan pabrik mobil Esemka. (Foto: Kemenperin)

Riaukarya.com - Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) meresmikan pabrik mobil Esemka hari Jumat 6 September 2019. Peresmian dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Pabrik Esemka itu berada di Desa Demangan, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Hadir juga dalam acara itu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Jokowi mengapresiasi keberadaan pabrik Esemka ini. Menurut eks Walikota Solo itu, pabrik ini bisa menimbulkan dampak positif buat perekonomian Indonesia, terutama di Boyolali. "Kita semuanya harus mendukung," kata Jokowi.

Pabrik Esemka luasnya 12.500 ribu meter persegi dan dibangun di atas lahan 115 ribu meter persegi. Investasi yang dikucurkan oleh Rp 600 miliar. Kapasitas produksinya 18 ribu unit per tahun.

Presiden Direktur SMK, Eddy Wirajaya mengatakan, kehadiran pabrik ini selain untuk produksi mobil Esemka, juga untuk tingkatkan Sumber Daya Manusia di Indonesia.

Pada kesempatan ini, diperkenalkan juga model pertama Esemka, yaitu pick up yang diberi nama Bima. Ada dua pilihan mesin buat kendaraan niaga ringan ini, yaitu 1.200 cc dan 1.300 cc. Di pasar otomotif nasional Bima bakal bersaing dengan produk Jepang, yaitu Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max.***


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar