Upacara HUT RI Desa Danau Rambai Berlangsung Khidmat

Upacara HUT RI Desa Danau Rambai Berlangsung Khidmat

INHU - Upacara detik-detik proklamasi, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-74 di Desa Danau Rambai, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Idragiri Hulu (Inhu) digelar di Lapangan Bola Kaki desa setempat, Sabtu (17/8) pagi.

Pelaksanaan upacara tersebut walau sederhana namun berlangsung penuh hikmad dan sukses dilaksanakan.

Bertindak selaku inspektur upacara, Kades Danau Rambai, Saharudin dalam hal ini diwakili oleh Sekdesnya Ninsa Afrizal sedangkan komandan upacara dari pelajar SMP IT Al A'lam Rahul Saputra.

Upacara pengibaran bendera merah putih yang dimulai sekira pukul 08.30 Wib, diikuti ratusan peserta upacara dari berbagai unsur, seperti pemerintahan desa, pelajar, pramuka, PNS, Guru, masyarakat, anggota SPSI-SPTI dan unsur pemuda serta Ormas.

Teks Proklamasi kemerdekaan RI dibacakan oleh ketua BPD Desa Danau Rambai Supriyadi, sedangkan pembacaan UUD 45 oleh Yasman dan doa

Sementara itu, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang berjumlah 25 orang pelajar yang merupakan hasil seleksi dari sejumlah pelajar dari SMP IT Al 'A'lam dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan lancar.

Adapun tema peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 Desa Danau Rambai adalah "Sejuta Bendera Seribu Budaya".

Dalam amanahnya, inspektur upacara Ninsa Afrizal menyampaikan, untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan bangsa kita, dimana pada saat itu merupakan sebuah perjuangan yang tak ternilai harganya, hingga mengusir penjajah di tanah air kita ini dengan berani dan penuh pengorbanan.

"Maka dari itu kita wajib, melakoni era merdeka ini dengan segala kegiatan yang mengacu pada kemajuan bangsa, karena kemerdekaan adalah amanat bangsa, yang tidak semestinya kita bermalas-malasan untuk berbuat demi kemajuan bangsa. Pentingnya menjaga kemerdekaan ini salah satunya adalah, bagai mana kita bergotong-royong, bersatu, demi kemajuan desa kita ini pada khususnya dan untuk bangsa Indonesia pada umumnya," paparnya.

Sementara itu Kades Danau Rambai saat dikonfirmasi menyatakan permohonan maafnya atas ketidakhadiran  untuk memimpin jalannya upacara HUT RI di desanya. Karena Beliau memenuhi undangan dari kecamatan untuk mengikuti acara yang sama. 

"Untuk upacara penurunan bendera Insya Allah akan kita pimpin, dan saya tekankan kepada warga saya, untuk hadir pada pelaksanaan penurunan nanti," tegasnya. 

Dia juga sangat berharap kepada masyarakatnya mari bersama-sama membangun desa Danau Rambai, untuk menitikberatkan pada kebersamaan, swadaya dan lebih meningkatkan pembangunan dibidang insfratuktur, harapnya. 

Selepas upacara, masyarakat juga disuguhkan dengan hiburan dan perlombaan-perlombaan seperti panjat pinang dan perlombaan anak-anak. Selain itu panitia juga menyediakan doorprize dengan hadiah utama berupa kulkas. 

Berita Lainnya

Index