Lowongan CPNS Buka Lagi di 2019, Jumlahnya 254.173

JAKARTA - Sesuai janji, pemerintah kembali membuka besar-besarkan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Selain itu, lowongan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga akan dibuka.

Tak tanggung-tanggung, jumlah formasi penerimaan para calon abdi negara tersebut mencapai 254.173 kursi. Angka ini lebih besar jika dibandingkan dengan tahun lalu yang tercatat 238.015 formasi.

Rincian lowongan tersebut, untuk pemerintah pusat dialokasikan sebanyak 46.425 formasi untuk CPNS sebesar 23.213 formasi dan PPPK sebesar 23.212 formasi. 

Untuk CPNS Pusat dibagi lagi untuk pelamar umum sebanyak 17.519 formasi dan dari sekolah kedinasan sebanyak 5.694 formasi. 

Sementara untuk pemerintah daerah, dialokasikan sebanyak 207.748 formasi untuk CPNS dan PPPK.

Untuk CPNS daerah sebanyak 62.324 formasi yang akan dibuka untuk pelamar umum sebanyak 62.249 formasi dan dari sekolah kedinasan (STTD) sebanyak 75 formasi.

Sedangkan untuk PPPK yang akan diisi dari eks tenaga honorer ketegori II (THK-II) dan honorer sebanyak 145.424 formasi.

Rencananya proses pendaftaran untuk PPPK akan dimulai lebih dulu. Sedangkan untuk CPNS akan dibuka pada Oktober 2019.

"Seleksinya nanti terpisah. Kemungkinan yang PPPK akan didahulukan, baru kemudian CPNS pads akhir tahun 2019. Sesuai keterangan Menteri PANRB," ungkap Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan dilansir dari kepada liputan6.com.

"Jumlah ini adalah plafon atas. Kebutuhan pegawai riil diinput oleh masing-masing instansi ke sistem e-Formasi milik Kementerian PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi)," jelas dia.

Ridwan memproyeksikan, total pelamar yang akan mendaftar di sistem online CPNS 2019 nanti bisa membludak seperti perekrutan di tahun sebelumnya, yakni sekitar 5 juta orang.

"Saya perkirakan sama dengan tahun lalu, 5 jutaan pelamar online. Itu untuk CPNS saja. Untuk PPPK, belum ada rujukan," ujar dia.

Untuk detail kapan, bagaimana, berapa, di mana, sampai saat ini BKN belum bisa menginformasikankarena Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) masih melakukan rapat-rapat persiapan terkait hal tersebut.***


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar