IPPAK Akan Gelar Iven Pacu Sampan Tahunan

INHU - Ikatan Pemuda Pemudi Pangkalan Kasai (IPPAK), Kecamatan Seberida, Kabupaten Idragiri Hulu (Inhu), Riau, bersama pemerintahan setempat, kembali akan menggelar iven tahunan Pacu Sampan Mini, yang akan berlangsung pada hari raya kedua dan ketiga Kamis dan Jumat tanggal (6-7/2019).

Untuk mempersiapkan iven tahunan tersebut tentunya sudah jauh hari segenap panitia pelaksana dan masyarakat serta pemerintahan kelurahan Pangkalan Kasai, melaksanakan giat berupa gotong-royong (goro). Juga dalam beberapa hari terakhir ini tampak kesibukan disekitar arena pacu sampan, untuk memaksimalkan persiapan, termasuk Lurah Kelurahan Pangkalan Kasai Setiawan SKM, ikut serta sambil memantau kegiatan pelaksanaan gotong - royong dalam rangka persiapan iven pacu sampan yang akan ditaja oleh Ikatan Pemuda Pemudi Pangkalan Kasai (IPPAK), yang akan dilaksanakan pada hari raya kedua dan hari raya ketiga, tepatnya pada tanggal 6 dan 7 Mei 2019 itu. 

Iven tahunan tersebut akan dilaksanakan di arena pacu sampan Sungai Tenaku Pangkalan Kasai. 

Ketua IPPAK R.Wawan Arbidiansyah , saat dikonfirmasi disela kegiatan goro melalui Ketua Panitia pelaksana Alrahmad S. IP mengatakan, bahwa kegiatan iven pacu sampan ini sudah dilaksanakan puluhan tahun silam, oleh nenek moyang terdahulu sehingga iven ini sudah sangat kental baik itu dengan masyarakat setempat maupun diluar kecamatan Seberida. 

Bahkan kata Alrahmat, iven pacu sampan IPPAK ini sudah diwacanakan sebagai agenda tahunan untuk tingkat kabupaten Inhu.Karna kalau dilihat dari tahun ke tahun pelaksanaannya cukup meningkat dengan banyaknya para penonton dan peserta yang ikut dalam iven ini. 

Namun untuk tahun ini masih kata  Alrahmat, sponsor pendukung sangat minim sekali, baik dari swasta maupun dari pemerintah kabupaten. Sehingga kami sangat kesulitan untuk mencari dana maupun donatur yang akan mendukung kegiatan yang sudah membudaya ini. 

Walau demikian pihaknya sangat optimis, walau tanpa adanya bantuan dari pemerintah kabupaten, kami berharap gelaran pacu sampan besok dapat berjalan dengan sukses sesuai dengan rencana. 

"Saya berharap juga untuk tahun depan, ada kiranya untuk penganggaran dan dibahas oleh pihak DPRD Inhu maupun Disporapar Inhu, agar iven ini terlihat lebih Wah dimata luar kabupaten Inhu, " harap Alrahmat.

Ditempat yang sama Lurah Pangkalan Kasai Setiawan SKM, mengatakan, memang iven pacu sampan yang ditaja oleh IPPAK merupakan iven yang sudah membudaya dan sudah lekat di masyarakat. Karna momennya bertepatan juga dengan hari raya, jadi sangat cocok sekali sebagai hiburan bagi masyarakat khususnya yang merayakan hari raya Idul fitri sembari bersilaturahmi.

Lurah muda ini berharap juga, dengan adanya iven ini yang bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, dapat dijadikan ajang silaturahmi antar peserta buksn hanya semata mencari kemenangan."Disisi lain kita juga berharap ada dukungsn dari semua pihak, agar pelaksanaan nya menjadi meriah dan bisa juga sebagai objek wisata olahraga khususnya untuk kecamatan Seberida dan pada umumnya untuk Kabupaten Inhu, " pungkasnya. (ris) 


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar