Dinas PMD Inhu Minta BPD Berperan Aktif Dorong Desa Tingkatkan PAD Lewat Bumdes

Dinas PMD Inhu Minta BPD Berperan Aktif Dorong Desa Tingkatkan PAD Lewat Bumdes
Plt Kadis PMD Inhu, Riswidiantoro, SE

INHU – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) diminta berperan aktif dalam mendorong peningkatan atau pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam suatu desa, melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan modal utama bersumber dari dana desa (DD). 

Hal itu ditegaskan Plt Kadis PMD Inhu, Riswidiantoro, SE, Rabu 3 Februari 2021.

“Bumdes memiliki peran yang penting, terutama sebagai potensi pendapatan asli desa (PAD) yang tentunya berdampak terhadap peningkatan ataupun pertumbuhan ekonomi masyarakat desa. Hanya saja BPD harus turut berperan aktif, sehingga keberadaan Bumdes bisa berdampak positif dari sisi menggerakkan ekonomi di desa,” kata Riswidiantoro.

Dilanjutkannya,  jangan sampai BPD hanya terkesan sekedar mengawasi penggunaan DD saja.  “Jadi penting bagi BPD, misalnya mendorong agar Bumdes di desa benar-benar optimal keberadaannya,” ungkapnya. 

Pria yang dikenal bijaksana ini mengharapkan BPD turut membantu pemerintahan desa mengidentifikasi potensi yang dimiliki desa, untuk dikembangkan menjadi Bumdes. 

"Seluruh Desa di Inhu kini sudah memiliki Bumdes, dan Dinas PMD Inhu juga telah memiliki Fasilitator BUMDES yang mengawal dan mendampingi Bumdes," tutupnya.***

Berita Lainnya

Index