Ini Tips Merawat Bibir Kering Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Ilustrasi

RiauKarya.com - Ibadah puasa di bulan Ramadhan biasanya dijalankan selama 12 jam. Selama itu juga tak ada asupan makanan maupun minuman ke dalam tubuh.

Saat puasa tubuh akan mengalami sekitar 30% kekurangan cairan. Hal ini yang menyebabkan tubuh rentan menjadi lemas dan kekeringan.

Tubuh yang mengalami kekeringan diantaranya kulit, mulut, tenggorokan dan bibir. Nah, untuk itu berikut tips merawat bibir kering selama puasa sebagaimana dikutip dari Pojoksatu.id.

1. Gunakan lipbalm

Salah satu masalah bibir kering adalah bibir kasar, pecah-pecah, bahkan sariawan. Oleh karenanya bibir perlu dijaga kelembapannya.

Lipbalm berguna untuk menjaga kelembapan pada kulit bibir. gunakan lipbalm sebelum tidur dan di pagi hari agar bibir lembab sepanjang hari.

2. Minum air putih

Minum air putih secara rutin selama bulan puasa juga dapat membantu merawat bibir kering.

Saat puasa tubuh tak mendapatkan asupan air, oleh karenanya konsumsi air saat berbuka, sebelum dan saat sahur sangat penting untuk mencegah bibir kering.

3. Masker madu

Untuk menjaga bibir agar tetap lembab selama bulan puasa adalah dengan melakukan perawatan. Madu memiliki manfaat memperbaiki jaringan yang rusak.

Untuk membuat masker madu ternyata sangat mudah. Cukup ambil satu sendok makan madu dan oleskan ke bibir, diamkan selama 20 menit. Untuk perawatan lakukan ini sebelum tidur.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun telah sejak lama digunakan untuk merawat kulit, sebab minyak zaitun dapat melembabkan kulit.

Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan polifenol yang baik untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Oleskan minyak zaitun pada ke seluruh bibir dan diamkan selama 30 menit.






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar