Dusun Sei Kemiri, Gelar Open Turnamen Festival Layang-layang

INHU - Festival Layang-layang yang digelar Pemuda Sei Kemiri Desa Pematang Jaya, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Idragiri Hulu (Inhu), Sabtu dan Minggu 23-24 Januari 2021 berlangsung cukup meriah. Sekitar kurang lebih 100 layang-layang beradu keindahan dan jadi tontonan masyarakat.

Festival yang digelar di Lapangan Sepak Bola Gelora Putra Sei Kemiri tersebut menghadirkan beragam bentuk layang-layang, yaitu seperti Gapangan dan Bulan. "Festival layang-layang ini untuk mengisi waktu luang dan menghibur masyarakat. Yang seyogianya open turnamen festival layang-layang ini diselenggarakan pada Desember 2020," kata Ketua Panitia Festival layang-layang, Tony Praja saat ditemui disela kegiatan.

"Sehubungan ada beberapa kendala, jadi kegiatan open turnamen festival layang-layang batal digelar pada bulan Desember. Untuk itu kami atas nama panitia mohon maaf atas molornya jadwal kegiatan tersebut," tambahnya. 

Lanjut Tony, untuk penilaian, hanya satu kategori saja yang di nilai yaitu Tegak Lurus Tiang. Selain itu benang disediakan panitia dengan ukuran panjang 150 meter." Untuk waktu terbang di udara setiap sesi berdurasi 10 menit, yang diikuti oleh 6 peserta setiap sesinya dan waktu penilaian berdurasi satu menit," ungkapnya. 

Tidak lupa Tony Praja juga mengucapkan terima kasih kepada segenap para donatur yang telah ikut mendukung dengan kegiatan tersebut, terutama kepada pemerintahan desa Pematang Jaya, Karang Taruna, dan tentunya juga kepada masyarakat setempat yang ikut menyaksikan festival layang-layang dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. 

Untuk hadiah bagi para pemenang lomba, panitia menyediakan hadiah berupa uang pembinaan dengan total hadiah sebesar Rp.800 ribu plus tropi. 

Kegiatan tersebut ikut disaksikan juga oleh Ketua Karang Taruna Jaya Raya Dedi Purnomo, Ketua Pemuda Dusun Sei Kemiri Mispriadi, Babinsa Desa Pematang Jaya serta para konyestan festival layang-layang.(surya) 






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar