Sultan Indragiri, Tengku Parameswara Membuka Pameran Seni Lukis di Balai Budaya Jakarta

Sultan Indragiri, Tengku Parameswara Membuka Pameran Seni Lukis di Balai Budaya Jakarta

JAKARTA - Mewakili Forum Silahturahmi Keraton Nusantara (FSKN), Sultan Indragiri YM Tengku Parameswara membuka pameran Seni Lukis "Eternal" di Balai Budaya, Jakarta pada tanggal 20 Desember 2020.  

Dalam acara itu ia tak sendiri melainkan didampingi oleh Sekjen FSKN, YM Teuku Rafly Pasya dari kerajaan Bambi dan Unoe (Aceh) dan YM Pangeran Adipati Lukman (Sultan Kasepuhan Cirebon XV).

Dimana, pameran tersebut kata Tengku Parameswara, akan berlangsung selama 10 hari dimulai pada tanggal 20 sampai 30 Desember 2020 dengan mempersembahkan karya-karya kreatif dan inspiratif dari ketiga pelukis.

" Tiga pelukis itu adalah YM Tondi Hasibuan, Bapak Supriatna dan Bapak Andi Sopiandi," ucapnya pada Rabu (28/12/2020). 

YM Tengku Parameswara sangat mengapresiasi pada saat memberikan sambutan karena ditengah pandemi Covid-19 tidak menyurutkan kreativitas dan semangat mereka dalam berkarya dengan mempersembahkan karya-karyanya dipenutup tahun 2020 dan menyambut tahun 2021 mendatang dengan melakukan  Pameran Seni Lukis "Eternal" ini.

Sisi lain, setelah acara dibuka, YM Tondi Hasibuan mempersembahkan sebuah karya lukisan tentang sejarah Raja Brawijaya beserta penasehatnya, sang Semar.

" Karya ini sungguh membuat kagum, karena merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap pelestarian budaya dan sejarah di Indonesia yang bersumber dari sebuah kerajaan yang penting dilestarikan," ujar Tengku Parameswara. 

Seperti kita ketahui bahwa YM Tondi telah melakukan pameran international di Paris (2018), London (2019), Cina (2020) dan akan melakukan pameran di Florence, Italia pada tahun 2021. 

Sesungguhnya seluruh kerajaan-kerajaan di Indonesia adalah sumber atau akar seni dan budaya, inspirasi seni lukis dengan mengangkat budaya dan sejarah kerajaan di Indonesia.

Ini adalah suatu contoh yang baik cara melestarikannya, mudah-mudahan kedepan para seniman lainnya dapat terus mengaplikasikan seni yang bersumber dari kerajaan di Indonesia pada media seni lainnya.

YM Tengku Parameswara menyatakan, apabila para seniman dan kreasi dapat terus mengembangkan dengan menggunakan seni yang orisinil, maka menurutnya karya-karya seniman Indonesia akan memiliki nilai seni dan ekonomi yang jauh lebih tinggi bagi pencapaian pengembangan ekonomi kreatif dan  peningkatan pariwisata di Indonesia yang merupakan target dan harapan pemerintah untuk menjadi andalan ekonomi Indonesia dimasa mendatang.***

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index