El Clasico Jilid 1, Real Madrid Permalukan Barcelona 3-1 di Camp Nou

El Clasico Jilid 1, Real Madrid Permalukan Barcelona 3-1 di Camp Nou
Sergio Ramos mengeksekusi pinalty dan akhirnya gol

RiauKarya.com – Real Madrid sukses mengalahkan Barcelona di laga el clasico jilid pertama yang berlangsung pada Sabtu (24/10/2020) malam WIB. Madrid tepatnya menang atas Barcelona dengan skor 3-1 di pertandingan lanjutan Liga Spanyol 2020-2021 tersebut.

Federico Valverde, Sergio Ramos, dan Luka Modric menjadi tiga pemain Madrid yang membantu tim asuhan Zinedine Zidane itu untuk menang atas Barcelona. Sementara gol semata wayang Barcelona hanya mampu dicetak oleh Ansu Fati.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain di Stadion Camp Nou pada Sabtu (24/10/2020) malam WIB, Madrid justru menjadi tim pertama yang dapat unggul di laga el clasico tersebut. Valverde mampu menjebol gawang Barcelona yang dikawal oleh Neto ketika pertandingan baru berjalan lima menit.

Valverde yang menerima umpan dari Karim Benzema berlari tanpa kawalan usai memanfaatkan celah dari pertahanan Barcelona. Namun, keunggulan Madrid itu nyatanya hanya berlangsung sebentar dikarenakan Blaugrana mampu untuk menyamakan kedudukan di menit kedelapan.

Ya, Ansu Fati membalas gol Madrid hanya berselang tiga menit saja dari gol Valverde. Fati mencetak gol berkat umpan dari Jordi Alba yang berhasil lolos dari kawalan Nacho Fernandez. Berkat gol itu, kini Fati pun menjadi pemain termuda yang mencetak gol di pertandingan el clasico.

Setelah skor menjadi 1-1 pertandingan kian sengit. Kedua tim saling jual beli serangan. Namun, pertahanan Madrid dan Barcelona sama kuat sehingga gol pun sulit untuk tercipta kembali.

Tak ayal skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir. Secara statistik, Madrid dan Barcelona sama kuat. Jumlah peluang yang diciptakan kedua tim pun tak terlalu jauh berbeda, yang menandakan laga el clasico kali sangatlah menarik.

Kendati begitu, kejutan justru terlihat dari penguasaan bola. Sebab Madrid nyatanya mampu memegang bola hampir 54% dari keseluruhan permainan di babak pertama, sesuatu hal yang jarang terjadi tentunya di pertandingan el clasico sebelumnya.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Barcelona terlihat bermain jauh lebih ngotot dari babak pertama. Hal itu dapat terlihat dari banyaknya peluang menyerang yang diciptakan oleh pasukan Ronald Koeman itu ketika babak kedua baru saja dimulai.

Meski begitu, Madrid nyatanya masih mampu bertahan dengan baik. Skuad asuhan Zinedine Zidane itu bahkan beberapa kali sempat membalas serangan dari Barcelona meski pada akhirnya gol pun juga tak tercipta.

Makin lama pertandingan el clasico pun makin panas. Sengitnya pertandingan membuat pelanggaran tak terhindarkan, sayangnya gara-gara permainan keras itu Barcelona justru melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti mereka sendiri.

Ramos terlihat ditarik ketika sedang berada di dalam kotak penalti. Awalnya wasit meragukan hal tersebut, karenanya ia memutuskan untuk meminta bantuan dari Video Assistant Referee (VAR). Setelah melihat VAR, wasit memutuskan untuk menghadiahi Madrid tendangan penalti.

Sergio Ramos yang dipercaya untuk mengeksekusi tendangan penalti itu berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Alhasil di menit ke-68 Madrid mampu unggul 2-1 atas Barcelona untuk sementara waktu.

Tertinggal satu gol membuat Barcelona bermain makin ngotot. Beberapa peluang berhasil dibuat kembali oleh Barcelona, baik melalui Ansu Fati, Philippe Coutinho, atau Lionel Messi. Namun, semua peluang itu lagi-lagi berhasil dimentahkan oleh Thibaut Courtois dan rekan setimnya.

15 menit terakhir Barcelona terus mengurung Madrid. Skuad berjuluk Los Blancos itu pun tampak kesulitan mempertahankan serangan bertubi-tubi yang dilancarkan oleh Barcelona.

Akan tetapi, Madrid justru mampu mengambil celah dan mencetak gol kembali ketika laga ingin berakhir. Gol ketiga Madrid disumbangkan Luka Modric yang sempat mengecoh para pemain bertahan Barcelona di menit 90.

Waktu tambahan lima menit pun pada akhirnya tak membantu Barcelona sama sekali. Alhasil, Madrid keluar sebagai pemenang di laga el clasico jilid pertama jitu dengan skor 3-1.

Berikut Susunan Pemain:

BARCELONA (4-2-3-1): Neto; Sergino Dest, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Sergio Busquets, Frenkie de Jong; Pedri, Philippe Coutinho, Ansu Fati; Lionel Messi (c).

SUBS: Martin Braithwaite, Riqui Puig, Junior Firpo, Carles Alena, Sergi Roberto, Antoine Griezmann, Arnau Tenas, Miralem Pjanic, Trincao, Ousmane Dembele, Ronald Araujo, Inaki Pena.

REAL MADRID (4-3-3): Thibaut Courtois; Nacho, Raphael Varane, Sergio Ramos (c), Ferland Mendy; Federico Valverde, Casemiro, Toni Kroos; Marco Asensio, Karim Benzema, Vinicius Junior.

SUBS: Eder Militao, Andriy Lunin, Luis Lopez, Luka Jovic, Luka Modric, Rodrygo, Lucas Vazquez, Marcelo.
 

#Sepak Bola

Index

Berita Lainnya

Index