Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kurban 132 Sapi dan 37 Ekor Kambing

Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kurban 132 Sapi dan 37 Ekor Kambing

INHU - Pada Idul Adha 1441 Hijriah, Umat Muslim di Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kabupaten Indragiri Hulu mengurbankan sebanyak 169 hewan kurban.

"Hewan kurban tersebut terdiri dari 132 ekor sapi dan 37 ekor kambing yang tersebar di masjid dan musala yang ada di 9 desa di Kecamatan Lubuk Batu Jaya," ujar Sekretaris Camat Lubuk Batu Jaya, Armin, S.Ag, Sabtu 1 Agustus 2020.

Armin menjelaskan, dari 132 sapi tersebut, 2 diantaranya adalah sumbangan dari Pemerintah Kabupaten Inhu yang disembelih di halaman kantor Camat Lubuk Batu Jaya.

"Atas nama Pemerintah kecamatan Lubuk Batu Jaya  beserta masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Inhu, khususnya Bupati Inhu, H. Yopi Arianto atas kepedulian sosial kepada masyarakat melalui sumbangan 2 ekor sapi," ucapnya.

Camat Lubuk Batu Jaya, Triyatno menyerahkan daging kurban ke penerima 

Pria yang juga seorang penceramah ini juga mengungkapkan bahwa, merayakan Idul Adha di saat pandemi Covid-19 memberikan banyak hikmah untuk semua pihak.

Hal itu, terkait seputar sejarah Islam terutama mengenai Ibadah Haji dan kewajiban menyembelih hewan Kurban.

“Pertama, kita dapat meneladani ketabahan Nabi Ibrahim. Beliau dengan tabah menjalankan perintah Allah untuk mengurbankan anak semata wayangnya, Ismail. Sikap tabah atas ujian seperti ini sangat diperlukan di saat kita mengalami wabah Covid-19. Ketabahan menghadapi pandemi akan menjadi kunci kemampuan psikologis kita dalam menghadapi cobaan hidup,” ungkapnya.

“Kedua, saat menghadapi masa sulit di saat pandemi seperti saat ini kita tidak boleh berputus asa. Kita harus yakin bahwa Allah SWT pasti akan memberikan pertolongan,” ujar Armin.

Hikmah Ketiga, Armin mengatakan, menyembelih hewan kurban adalah bentuk solidaritas sosial. Menurutnya,  nilai ini sangat penting saat terjadi pandemi seperti saat ini.

“Saling berbagi dan saling menolong adalah nilai kunci ketahanan sosial di tengah masyarakat. Apalagi distribusi hewan Kurban menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan gizi masyarakat dan daya tahan tubuh,” jelasnnya.***

#Religi

Index

Berita Lainnya

Index