Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Segera Dibuka, Ini Catat Tanggalnya!

Riaukarya.com - Pembukaan pendaftaran kartu Pra Kerja gelombang 4 di www.prakerja.go.id akhirnya mendapati kejelasan.
Setelah menunggu lama, mayarakat kini bisa mempersiapkan pendaftaran kartu Pra Kerja gelombang 4 yang dibuka 26 Mei 2020 mendatang.

Adapun pada gelombang 4 ini, kabarnya 1,7 juta korban PHK akibat wabah virus corona  atau COVID-19 menjadi prioritas penerima bantuan.

Kabar terkait jadwal pendaftaran kartu Pra Kerja gelombang 4 ini diketahui melalui media sosial Instagram @prakerja.go.id.

Menurut pantauan Surya.co.id dari instagram @prakerja.go.id, Senin (18/5/2020), admin akun tersebut menjawab sejumlah pertanyaan warganet.

Awalnya seorang netizen bertanya kapan pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4  dibuka.

"Gelombang berikutnya kapan min?"
Admin @prakerja.go.id pun dengan jelas menjawab kalau pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 dibuka pada 26 Mei 2020.

"gelombang 4 akan dibuka tgl 26 Mei, catat tanggalnya ya"
Untuk pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 di www.prakerja.go.id, bagi yang lolos verifikasi tahap ketiga tapi tak lolos sebagai anggota tak perlu registrasi ulang.

Pendaftar kartu pra kerja cukup login di www.prakerja.go.id dan langsung memilih gelombang selanjutnya jika sudah dibuka.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai cara mendaftar kartu Pra Kerja, bisa menyimak di akhir artikel ini.

1,7 Juta Korban PHK Jadi Prioritas

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencatat, ada sebanyak 1,72 juta tenaga kerja formal dan informal yang terdampak COVID-19 hingga 1 Mei lalu.

Namun, Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja bilang, hingga Minggu (10/5/2020), jumlah korban PHK yang mendaftar program kartu pra kerja masih kurang dari 100.000 orang.

Padahal, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan akan memprioritaskan program kartu pra kerja untuk korban PHK.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky menjelaskan, pihaknya sudah mengutamakan pendaftar yang terdata di Kemenaker untuk masuk untuk program kartu pra kerja gelombang dua dan tiga.

"Cuma dari 1,7 juta data Kemenaker, baru 100.000 orang yang mendaftar, jadi masih dari Kementerian atau Lembaga lain dan sebagainya," kata Panji dalam video konferensi, Senin (11/5/2020)
Seperti dilansir dari Kompas dalam artikel 'Sebenarnya Berapa Banyak Korban PHK akibat Covid-19 yang Daftar Kartu Prakerja?'

Dari jumlah yang sudah mendaftar tersebut, Panji menyebut masih lebih sedikit pekerja yang masuk dalam peserta gelombang I, II dan III.

Mengingat adanya yang tidak lolos verifikasi dasar.

"Dari 98.000 tidak lolos verifikasi dasar, seperti usia belum 18 tahun atau sudah menjadi penerima bansos atau dia fotonya tidak bisa diverifikasi," kata Panji.

Panji bilang, pihaknya pun akan menunda pendaftaran gelombang IV program kartu pra kerja ini untuk memberi kesempatan kepada para pekerja yang terdampak Covid-19 yang terdata oleh Kemenaker untuk bisa mendaftar.

"Sehingga kami bisa mengenali dan memprioritaskan mereka untuk mayoritas gelombang IV," tambah Panji.
Cara Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Bagi Peserta yang Gagal dan Peserta Baru.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers yang digelar Kamis (16/4/2020) menjelaskan pendaftaran bagi peserta yang gagal pada gelombang sebelumnya.

Airlangga mengatakan,bagi yang lolos verifikasi tahap ketiga tapi tak lolos sebagai anggota tak perlu registrasi ulang jika hendak mengikuti seleksi kartu Pra Kerja gelombang selanjutnya.

"Nanti kami akan memberikan email untuk di-link di komputernya atau di smartphone-nya untuk diklik mau ikut ke gelombang kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya," ujar dia.

Sementara itu bagi pendaftar baru harus menyelesaikan sederet prosesi pendaftaran hingga tes seleksi.
Berikut langkah-langkahnya:

1. Membuat akun Prakerja
- Masuk ke situs www.prakerja.go.id
- Masukan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru Cek email dari Kartu Prakerja.
- ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email
 




[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar