Prabowo Sebut Indonesia Perang Semesta Menghadapi Corona

Prabowo Sebut Indonesia Perang Semesta Menghadapi Corona
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melantik Rektor Unhan Laksda TNI Amarulla Octavian di Kantor Kemenhan, Jakarta, Rabu (15/4/2020). (Foto: Kemhan).

JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menyebut Indonesia saat ini sedang melakukan perang semesta melawan corona. Perang semesta yang dimaksud melibatkan seluruh elemen bangsa dan masyarakat.

Hal itu disampaikan Juru bicara Menhan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak dalam diskusi virtual bertema Tantangan Pertahanan di Tengah Pandemi Covid-19, Jumat (1/5/2020). Menurutnya pandemi corona termasuk ancaman nonmiliter yang mengancam jiwa masyarakat Indonesia.

"Masyarakat sebagai garda terdepan harus disiplin melaksanakan physical distancing dan pola hidup bersih serta sehat. Sementara rumah sakit, dokter, dan tenaga kesehatan sebagai benteng terakhir," ucap Dahnil.

Menurutnya masyarakat harus memahami pentingnya konsep perang semesta melawan corona ini. Jangan sampai masyarakat tidak disiplin hingga tertular corona sehingga membuat pertahanan terakhir roboh karena keterbatasan tenaga medis.

Dahnil mengatakan Kemenhan turut terlibat dalam perang melawan corona dengan menyediakan pengadaan alat pelindung diri (APD), memfungsikan rumah sakit militer untuk rujukan pasien Covid-19, dan mengerahkan personel TNI di rumah sakit-rumah sakit serta mengawal ketertiban umum. Dia menjelaskan anggaran Kemenhan dipotong Rp6 triliun untuk membantu penanganan corona.

"Pertahanan kita base on threat, anggaran jadi banyak yang dialihkan karena skala prioritas. Untuk belanja yang tidak bisa digeser, tetap dialokasikan seperti biasa," katanya.

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index