Presiden Jokowi: Insan Pers Adalah Teman Saya Sehari-Hari

Foto: internet

JAKARTA – Sebagai orang nomor satu dinegara ini, Presiden Jokowi kesehariannya tak lepas dari sorotan kamera dan pena dari para wartawan. Kegiatan Jokowi menjadi suatu hal yang ditunggu masyarakat untuk diikuti. 

Apalagi masyarakat selama ini mengetahui kinerja dan program dari presiden kebanyakan dari berita yang dibuat oleh para wartawan. 

Kritikus, lawan politik dan pengamat politik menantikan berita dari keseharian kegiatan dan capaian program sang Presiden.

Meski bukan orang baru di dunia pemerintahan, ia mengaku masih sering kali gugup dan gagap ketika mendapat pernyataan dari awak media.

“Yang mengejar saya sehari-hari, yang mengadang saya door stop, yang menyebabkan saya kadang-kadang gugup, gagap, karena enggak siap ditanya sesuatu juga insan pers,” ujar Presiden Jokowi saat berpidato di Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kompleks Perkantoran Sekda, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2/2020).

Akan tetapi, ia menyadari dari pertanyaan-pertanyaan itu segala kegiatan pemerintahan tersampaikan ke publik.

“Dan yang membuat berita kegiatan saya pemerintah sampai pada masyarakat, juga insan pers,” imbuhnya.

Kepada ratusan insan pers yang hadir, Presiden Jokowi mengaku kapok karena pernah tak menghadiri peringatan HPN. Ia terpaksa tak hadir karena kesibukannya.

“Setiap ada peringatan Hari Pers Nasional, saya berusaha keras untuk hadir. Saya pernah enggak hadir sekali, setelah itu kapok betul. Karena mengatur waktu sangat sulit, begitu juga hari ini,” ujarnya.

Presiden Jokowi menambahkan seharusnya hari ini terbang ke Canberra, Australia, untuk melakukan kunjungan kerja. Namun, ia mengaku sengaja menyempatkan diri untuk terlebih dahulu hadir dalam peringatan HPN 2020.

“Pagi ini pun dalam perjalanan menuju Canberra saya membelokkan perjalanan via Banjarmasin, sekali lagi ini adalah demi hari pers nasional,” tutur Presiden Jokowi.

Dia menjelaskan mengapa dirinya harus hadir dalam acara HPN. Tak lain karena hampir setiap hari dirinya tak lepas dari wartawan.

“Karena insan pers adalah teman saya sehari-hari. Kenapa seperti itu? Karena kemana pun saya pergi yang selalu ikut bersama saya adalah para wartawan. Menteri kadang enggak ikut, tapi wartawan pasti ikut,” ucapnya.

Seperti diketahui, selama menjabat sebagai Presiden, ia pernah satu kali tidak menghadiri peringatan HPN tahun 2015 di Kepulauan Riau.

Saat itu, Jokowi diwakilkan oleh Wapres Jusuf Kalla lantaran berbarengan dengan kunjungan kerja ke sejumlah negara di ASEAN.





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar