Buka Kompetisi Sains Madrasah di MTs Al Ihsan Buluh Rampai, Ini Harapan Kakan Kemenag Inhu

Buka Kompetisi Sains Madrasah di MTs Al Ihsan Buluh Rampai, Ini Harapan Kakan Kemenag Inhu
Kepala Kemenag Inhu, Drs. Abdul Karim saat menyampaikan arahan

INHU -  Kepala Kementerian Agama Kabupaten Indragiri Hulu, Drs H. Abdul Karim M.Pd.I membuka secara langsung Kompetisi Sains Madrasah ( KSM ) tingkat Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2019 yang dipusatkan di MTs S Al- Ihsan dan MAS Al-Ihsan Buluh Rampai Kecamatan Seberida, Sabtu 20 Juli 2019.

Dalam arahannya, Kakan Kemenag Inhu menyampaikan bahwa KSM dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing lulusan madrasah, terutama dalam bidang sains.

Selain itu juga, KSM merupakan salah satu bentuk untuk menyediakan wahana bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat dibidang sains, sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah, memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agama.

Kemudian menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa-siswi Madrasah, serta memberikan kesempatan yang sama bagi siswa-siswi Madrasah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi. 

Lebih jauh Kakn Kemenag mengungkapkan, KSM merupakan ajang kompetisi bakat dan minat dibidang sains antar siswa Madrasah di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya dibuat berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan (madrasah), kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. 

"Alhamdulillah, sebagai kepala Kantor Kementerian Agama, saya merasa senang dan bahagia mendapat laporan bahwasanya terjadi peningkatan yang signifikan terhadap jumlah peserta yang mengikuti KSM pada tahun 2019 bila dibandingkan dengan tahun 2018, dimana pada tahun 2018 jumlah peserta yang mengikuti KSM sebanyak 327 peserta didik, dan tahun 2019 meningkat menjadi 450 orang," terangnya. 

Pada kesempatan tersebut, Drs H. Abdul Karim berharap semoga perolehan nilai hasil KSM bagi peserta didik seyogyanya juga mengalami peningkatan, sehingga mampu atau bisa bersaing ke tingkat provinsi atau bila memungkinkan pada tingkat Nasional. 

"Kepada seluruh panitia maupun pihak terkait lainnya, saya mengapresiasi atas segala persiapan sampai kepada pelaksanaannya, dan untuk itu saya ucapkan terimakasih. Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2019, pada hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019 di buka secara resmi," tutup Kakan Kemenag Inhu mengakhiri sambutan maupun arahannya.(ind)

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index