Amien Rais: Beri Kesempatan ke Jokowi-Ma'ruf 5 Tahun, Kita Awasi

Amien Rais: Beri Kesempatan ke Jokowi-Ma'ruf 5 Tahun, Kita Awasi
Amien Rais, Foto: net

Riauakarya.com -  Amien Rais menyerukan untuk menjaga persatuan bangsa. Dia mengatakan akan mengawasi pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-Ma'ruf Amin dalam 5 tahun ke depan.

"Jadi saya sampaikan, teruskan merajut Merah-Putih, teruskan bangsa ini bersatu, jangan sampai pecah. Tapi soal kekuasaan, berikan kesempatan yang utuh kepada Pak Jokowi-Ma'ruf Amin dengan nanti 5 tahun. Kita awasi dan itulah produk indah demokrasi," ujar Amien di kantor DPP PAN, Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).

Amien menekankan, dalam pemerintahan, dibutuhkan kubu oposisi sebagai penyeimbang. Tanpa oposisi, demokrasi hanyalah demokrasi bodong.

"Kalau demokrasi tanpa oposisi, itu demokrasi bohong-bohongan, demokrasi bodong. Jadi yang zaman dulu sampai sekarang ini demokrasi itu ada mekanisme checks and balances. Jadi eksekutif melangkah dengan macam-macan itu lantas yang mengecek dan balances itu parlemen. Kalau parlemen sudah menjadi tukang cap stempel, jadi jubir eksekutif, itu menjadi lonceng kematian bagi demokrasi," kata Amien.

Amien mengatakan mendukung pertemuan tokoh bangsa selepas Pilpres 2019. Hanya, dia mewanti-wanti jika pemerintahan tanpa oposisi.

"Kalau itu terjadi, kita nggak usah, seperti ada gempa bumi. Jadi yang seolah kursi suatu yang hebat itu saya kira belum paham kehidupan. Sekali lagi saya mendukung rangkulan bersama antara semua tokoh yang tadi berhadapan. Cuma, wanti-wanti saya, jangan coba menggelamburkan. Nanti kalau ada sesuatu yang kurang bagus (tapi) nggak ada oposisi, nanti berubah jadi otokrasi sistem yang otoriter," jelasnya.    

#Politik

Index

Berita Lainnya

Index