Supandi : Kesenian Singa Depok Asal Jabar Siap Ditampilkan untuk Mengisi Acara di Pemkab Inhu

INHU - Dalam rangka untuk melestarikan dan membudayakan kesenian tradisional, Pemkab Inhu melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat sediakan pengadaan seperangkat alat kesenian tradisional berupa Singa Depok atau Sisingaan. 

Dimana keseniaan tradisonal Singa Depok tersebut merupakan kesenian asli berasal dari daerah Pasundan Jawa Barat (Jabar). 

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Inhu, Drs Ahmad Jalil melalui Kabag Protokoler Inhu Supandi S.Sos, MP yang juga Kabag Pemdes saat ditemui beberapa waktu lalu dirung kerjanya mengatakan, pengadaan seperangkat kesenian singa depok tiada lain untuk ikut melestarikan seni tradisional khususnya dari daerah Jabar. 

Nantinya lanjut Supandi, kesenian singa depok ini akan kita gunakan untuk acara kegiatan seperti sunat massal dan kegiatan lainnya. 

"Utamanya nanti akan kita gunakan dikegiatan sunat massal, tapi tidak menutup kemungkinan digunakan juga diacara-acara lainnya, seperti penyambutan tamu dari luar daerah," ujarnya. 

Masih kata Supandi, saat ini yang diperlukan untuk menunjang kegiatan perlunya pelatih untuk melatih anggota grup singa depok. Karna katanya, dari 10 buah singa depok yang ada ini tentunya memerlukan para pemainnya, dimana satu singa depok digotong oleh 4 orang pemain. " Setidaknya kita memerlukan pemain singa depok sebanyak 40 orang, "tambahnya. 

Nantinya, lanjut dia, para pemain singa depok akan kita ambil dari anggota Satpol PP Inhu melalui seleksi. Sedangkan untuk para pemain alat - alat keseniannya, akan kita carikan orang yang sudah ahli dibidangnya. 

"Setidaknya, kita memerlukan 7 orang pemain gamelannya termasuk sinden dan peniup terompet, semoga rencana ini dapat berjalan dengan baik, guna untuk melestarikan budaya Indonesia khususnya dari negri Pasundan, " pungkasnya. (ris) 


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar