Pria Kaya Belikan Pacarnya Sepotong Lautan Seharga Rp1,4 Miliar

Pria Kaya Belikan Pacarnya Sepotong Lautan Seharga Rp1,4 Miliar
Foto: internet

Riaukarya.com - Seorang wanita China baru-baru ini turun ke media sosial untuk mengungkapkan keterkejutannya atas hadiah dari pacarnya untuk valentine China 20 Mei atau '520'.

Wanita itu mengatakan, dia telah menerima hak penggunaan atas 210 hektar laut terbuka. Itu terletak di lepas pantai provinsi Shandong, dekat Pulau Cheniushan.

Bentangan lautan itu sebelumnya milik perusahaan budidaya ikan dan diakuisisi oleh pacarnya melalui lelang online, dengan biaya 682.662 yuan (sekitar Rp1,4 miliar).

Pacarnya, yang bermarga Zhang menawarkan laut itu kepada pacarnya sebagai cara untuk menebus kesalahan karena tidak membelikannya hadiah pada tanggal 20 Mei.

Meskipun terkesan tidak begitu romantis, hadiah itu memungkinkan si wanita untuk membanggakan hadiah uniknya di media sosial.

Media lokal di provinsi Shandong China menerbitkan tangkapan layar dari aplikasi sosial populer WeChat yang memperlihatkan wanita itu memberi tahu teman-temannya bahwa pacarnya telah mengejutkannya dengan membelikannya "bagian dari laut".

Dia bahkan membagikan screenshot halaman lelang yang menunjukkan harga penawaran yang menang, serta lokasi peta dan gambar-gambar wilayah laut.

Sayangnya, beberapa komentator menyatakan ketidakpercayaan dan bahkan menyebut semuanya palsu.

Jadi, apakah mungkin seseorang membeli hak penggunaan untuk sepotong lautan? Ya, ternyata mereka bisa.

Pengacara yang berbasis di Beijing, Zhang Xinnian mengatakan kepada The Paper bahwa tawaran Zhang itu sah, menurut hukum Tiongkok.

“Hukum properti menyatakan bahwa perairan wilayah adalah milik negara dan tidak dapat dijual atau dibeli. Namun, negara itu juga melindungi hak penggunaan yang diperoleh secara legal," kata pengacara itu.

Menurut hukum Tiongkok tentang penggunaan wilayah laut, organisasi dan individu dapat mengajukan hak penggunaan laut dengan departemen administrasi urusan kelautan.

Selain itu, orang yang memperoleh hak atas area tersebut dapat mentransfer, menyewakan, atau menggadaikannya kapan saja selama masa sewa.

Tidak jelas apa yang akan dilakukan wanita itu dengan lautan seluas 210 hektar. Tapi beberapa orang mengklaim bahwa gerakan pacarnya tidak terlalu praktis.

“Apa gunanya melelang hak pakai untuk laut? Apakah dia menawar untuk budidaya ikan karena pacarnya suka makanan laut?” komentar seorang pengguna Weibo.

#Lifestyle

Index

Berita Lainnya

Index