Puskesmas Pangkalan Kasai Sweeping Balita yang Belum Imunisasi Dasar

Puskesmas Pangkalan Kasai Sweeping Balita yang Belum Imunisasi Dasar

INHU - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), melalui UPT Puskesmas Jajaran, melakukan sweeping atau penyisiran terhadap balita yang belum mendapatkan imunisasi dasar dan boster pada Progam Pemerintah Kabupaten Inhu.

Seperti halnya yang dilakukan oleh pihak Puskesmas Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida, saat ini gencar tengah melakukan sweeping terhadap balita yang belum di imunisasi.

"Kami saat ini tengah melakukan sweeping terhadap balita yang belum mendapatkan imunisasi dasar dan Boster, dengan tujuan agar seluruh balita di Kecamatan Sebrida, bisa mendapatkan imunisasi," kata Didik Tri Setia Budi A Md Kep, salah satu petugas kesehatan dari Puskesmas Pangkalan Kasai, Kamis (16/5) di Posyandu Melati Desa Kelesa.

Menurutnya, penyisiran ini merupakan progam pemerintah dengan tujuan balita yang belum diberi imunisasi bisa terjaring dan diberikan imunisasi susulan. Selain itu, pada sweeping imunisasi dasar ini, kita berharap tidak ada lagi balita yang tertinggal yang belum diimunisasi.

"Untuk Kecamatan Seberida sendiri, kita sudah laksanakan sweeping di 3 desa termasuk desa Kelesa, kami menargetkan balita yang mendapatkan imunisasi di kecamatan Seberida ini dapat mencapai 100 persen minimalnya 95 persen," tambahnya.

"Dari hasil evaluasi kami dengan cara seperti ini ternyata belum ditemukan adanya orang tua yang menolak anaknya untuk diimunisasi," ujar Didik. 

Menurutnya, tingkat partisipasi ibu - ibu yang membawa bayinya untuk diimunisasi cukup tinggi, ini karena pihak puskesmas dan jajaran telah dilakukan sosialisasi terhadap ibu-ibu yang mempunyai balita, sehingga mereka sebagai orang tua sadar betul betapa pentingnya imunisasi terhadap balita, agar  kesehatan si bayi tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

Untuk desa Kelesa sendiri pada saat dilaksanakan sweeping imunisasi, ada 10 balita yang dibawa ibunya untuk diberikan imunisasi dasar. "Ada 10 balita, pada saat dilaksanakan sweeping yang bertempat di Posyandu Melati Desa Kelesa," ujar Rinti Padriani A. Mk Kapustu Desa Kelesa.(ris) 

Berita Lainnya

Index