Cegah Karhutla, Polsek Seberida Laksanakan Patroli Rutin

Cegah Karhutla, Polsek Seberida Laksanakan Patroli Rutin
Kanit Bhinmas bersama Bhabinkamtibmas dan masyarakat bentang spanduk larangan Karhutla di wilayah Desa Bandar padang

INHU - Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Seberida Kompol H Barzawi melalui Kanit Binmas Iptu Dalius bersama Bhabinkamtibmas Desa Bandar Padang dan Desa Beligan Bripka Jasdirman memimpin lansung patroli kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Rabu 13 Maret 2019.

Patroli tersebut meliputi dua desa di kecamatan Seberida yaitu Desa Bandar Padang dan Desa Beligan.

Sebagaimana yang disampaikan Bhabinkantibmas desa Bandar Padang dan Beligan Bripka Jasdirman, patroli tersebut dilaksanakan guna mengantisipasi terjadinya Karhutla di wilayah Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

"Untuk itu diturunkan sejumlah personil Polsek Seberida yang juga diikuti oleh Kanit Binmas melaksanakan patroli ke daerah-daerah yang dianggap rawan karhutla," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Bhabin Jasdirman mengatakan kegiatan patroli Karhutla itu akan rutin dilaksanakan mengingat sekarang lagi musim kemarau.

"Karena sebagian besar wilayah Seberida merupakan areal pertanian dan perkebunan, dan karena juga dalam kondisi kemarau kita akan rutin laksanakan patroli," ungkapnya.

Jasdirman juga meminta kepada masyarakat untuk bisa terlibat secara bersama-sama, mengantisipasi terjadinya Karhutla. Karena Karhutla dapat menyebabkan bencana kabut asap yang dapat mengakibatkan kerugian bersama.

Ia juga memastikan akan ada hukum yang menjerat bagi para pelaku pembakaran hutan dan lahan.

Diakhir penyampaiannya Bhabin yang dikenal sangat ramah ini yakin karhutla bisa terhindar dengan cara menjaga komitmen bersama dan selalu siaga serta saling menjaga.

"Dengan komitmen kita bersama untuk selalu siaga dan menjaga, maka saya yakin kejadian Karhutla bisa kita hindari," ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, jajaran Polsek Seberida  juga berkesempatan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan himbauan tentang larangan membakar hutan dan lahan. (ris)

Berita Lainnya

Index