Jelang Pemilu 2019, Warga Perumahan BSD Pematang Reba Aktifkan Ronda Malam

Jelang Pemilu 2019, Warga Perumahan BSD Pematang Reba Aktifkan Ronda Malam
Warga Perumahan BSD aktif ronda malam

INHU - Jelang Pemilu 2019, warga Perumahan Bumi Suasana Damai Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu aktifkan ronda malam.

Hendriyadi S.Pd selaku Ketua RT 4 mengatakan bahwa warganya telah menyadari sepenuhnya bahwa keamanan lingkungan adalah tanggung jawab bersama, bukan menyerahkan kepada petugas keamanan.

"Kegiatan ronda siskamling kami galakkan bukan sekedar jaga, namun dijadikan ajang untuk bersosialisasi dan berkomunikasi antar warga, sehingga hubungan semakin erat. Warga juga akan saling menjaga," terangnya.

Pria yang akrab disapa Pak Guru ini  mengungkapkan, upaya ronda malam ini juga sangat efektif untuk mendeteksi adanya bibit-bibit terorisme atau mencegah tindak kriminal lain, termasuk peredaran narkoba.

Selain itu, dengan cara mengaktifkan ronda atau siskamling, berarti menekan adanya tindakan meresahkan jelang Pemilu yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Sejauh ini, keresahan memang belum ada, namun kami tetap siaga, ibaratnya sedia payung sebelum hujan, jadi antisipasi sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi," ungkapnya.

Terkait ronda, Hendriyadi menjelaskan sistem yang dipakai adalah sistem bergiliran, dimana setiap malamnya warga bergantian ronda, mulai dari pukul 21.30 WIB hingga subuh.

"Dilingkungan Perumahan BSD, telah dibangun secara swadaya (iuran) dua buah Pos Ronda. Alhamdulillah, dua Pos Ronda tersebut dijaga 6 warga setiap malamnya," terangnya.

Sementara itu, Lurah Pematang Reba, Sudarman SE mengapresiasi keaktifan dari warga Perumahan BSD dalam menjalankan ronda malam.

"Semoga dengan aktifnya Pos Ronda ini, keamanan di Perumahan BSD dapat terjaga dan kondusif, sehingga warga nyaman dalam istirahat," harap Lurah.***

#Hukrim

Index

Berita Lainnya

Index