Manfaat Bercinta Seusai Bertengkar, Pasutri Harus Tahu

Manfaat Bercinta Seusai Bertengkar, Pasutri Harus Tahu

Riaukarya.com - Hal terakhir yang ingin (baca: terpaksa) Anda lakukan ketika bertengkar dengan pasangan adalah saling menyentuh satu sama lain. Tapi, ketika amarah telah mereda dan air mata pun telah dihapus, timbul hasrat untuk mendekat dan bermesraan. Dan berhubungan seks usia bertengkar seringkali menjadi pengalaman bercinta yang begitu berkesan.

Ada penjelasan ilmiah untuk dorongan bercinta usai bertengkar itu. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Valencia di Spanyol mengungkap, ketika pasangan bertengkar, hormon seperti adrenalin, noradrenalin (hormon serta neurotransmiter), serta testosteron dilepaskan. Pelepasan tersebut memicu gairah yang ekstrem.


Pada awalnya gairah yang timbul karena kemarahan itu mungkin tak terasa seksi, tapi secara biologis kita terhubung untuk merespon setiap ancaman pada hubungan. Meski ancaman tersebut diciptakan sendiri. Hal itu dijelaskan oleh psikolog Samantha Joel. Kesadaran akan ancaman yang dikombinasikan dengan pelepasan hormon di otak membuat orang meresponsnya sebagai hasrat seksual.

"Perasaan terancam itu mengaktifkan sistem keterikatan. Sistem yang secara biologis berfungsi menjaga hubungan penting Anda tetap terjaga," ungkap Joel, mengutip laman Shape.

Ketika sistem itu diaktifkan, maka hal itu akan mendorong Anda untuk meningkatkan kemanan dan kedekatan dengan individu yang Anda anggap penting seperti pasangan. (roell)

??

Berita Lainnya

Index