5 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Cepat Kaya

5 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Cepat Kaya
Internet

Riuakarya.com-Buat kamu yang sudah bekerja, gajian pasti jadi hal yang selalu ditunggu-tunggu. Tapi sayangnya, enggak semua orang bisa mengatur gaji bulanannya dengan benar. Alhasil, banyak yang sudah mulai kehabisan uang saat baru memasuki pertengahan bulan.


1. SIAPKAN ANGGARAN

Sebaiknya, kamu selalu siapkan daftar anggaran yang akan kamu habiskan dalam sebulan. Caranya dengan membuat daftar pengeluaran primer yang mencakup biaya kebutuhan makan, transportasi, dan lain-lain.

Kemudian kamu bisa membuat daftar pengeluaran sekunder seperti beli baju, servis kendaraan, dan uang liburan.

2. UTAMAKAN MEMBAYAR UTANG DAN CICILAN

Saat kamu menerima gaji, ada baiknya kamu utamakan untuk membayar hutang atau cicilan terlebih dahulu. Jadikan hal tersebut sebagai prioritas utama. Karena jika dibiarkan, cicilan akan menumpuk dan membuat kamu kesulitan untuk membayarnya.

3. MEMILIKI DUA REKENING YANG BERBEDA

Buat kamu yang kesulitan untuk menabung, kamu bisa mengakalinya dengan memiliki dua rekening. Satu rekening digunakan sebagai tempat untuk menabung, dan satu lagi digunakan untuk transaksi sehari-hari.

4. BANDINGKAN ANGGARAN DAN KENYATAAN

Di akhir bulan, ada baiknya kamu melakukan perbandingan antara pengeluaran dengan anggaran. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengeluaran kamu telah sesuai anggaran atau lebih.

5. BERBELANJA SESUAI KEBUTUHAN

Belanja secara berlebihan jadi alasan yang sering bikin gaji habis sebelum waktunya. Nah, supaya gaji kamu enggak cepet habis, kamu harus belanja sesuai dengan kebutuhan.

Supaya enggak berlebih saat belanja kamu bisa membuat daftar apa saja yang kamu perlukan. Dan hindari membayar mengguakan kartu kredit dan kartu debit. (Fan)

Berita Lainnya

Index