Direktur Eksekutif IPI Optimis 2019 Pemuda Mampu Rebut Panggung Politik

Direktur Eksekutif IPI Optimis 2019 Pemuda Mampu Rebut Panggung Politik
Ilustrasi

RiauKarya.com – Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir menilai tahun 2019 sebagai era para pemuda berbondong-bondong akan menjadi pemimpin politik di Republik Indonesia.

Analisa ini dipaparkan Suwadi dalam ngobrol politik bertema ‘Membedah Peluang Caleg Muda PPP’ yang digelar Komunitas Wartawan Politik Sulawesi Selatan di Warkop 212 Toddopuli, Minggu (2/12/2018) yang lalu.

“Tahun 2019 sampai tahun 2024 adalah eranya pemuda menjadi pemimpin politik baik di legislatif maupun di eksekutif. Generasi tua akan hilang dari panggung politik pada 2024 nanti. Pemuda dari aktivis 98 sampai aktivis era sekarang akan banyak mendominasi panggung politik di Indonesia termasuk di Sulsel,” kata Suwadi.

Analisa ini berdasar pada fenomena legislator muda dan kepala daerah muda yang mulai bermunculan sejak 2014 dan terus membesar dari tahun ke tahun sampai sekarang. Ibarat efek bola salju, Suwadi memprediksi puncak kejayaan pemuda di panggung politik akan nampak pada 2024 nanti.

“Apalagi jika memperhatikan porsi pemilih milenial yang berusia 17-35 tahun, itu mendominasi 49 persen DPT kita hari ini. Dari riset selama ini, selalu terlihat kecenderungan anak muda adalah memilih orang yang sebaya dengannya,” beber pemilik PT Altaza Haji dan Umrah ini.

Pengamat Politik UIN Alauddin, Dr Moh Sabri AR juga menilai demikian. Menurutnya, caleg-caleg muda PPP seperti Imam Fauzan dan Asrul Makkaraus Sujiman memiliki potensi besar meraup dukungan kalangan milenial.

“Syaratnya adalah menciptakan pencerdasan arena demokrasi ke para pemuda. Berdialoglah dengan mahasiswa muslim, apakah benar radikalisme memang ada di kampus atau itu hanyalah fenomena ketakutan berlebihan terhadap politik identitas umat Islam. Sebagai partai Islam, PPP mau tak mau harus bermain di ranah politik identitas jika ingin mendulang dukungan pemilih muslim,” kata Sabri. ***

#Politik

Index

Berita Lainnya

Index