Jangan Mendengarkan Musik Pakai Earphone saat Tidur? Ini Bahayanya

Foto: internet

RiauKarya.com - Anda adalah seorang pencinta musik? Jika iya, tentunya Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mendengarkannya. Bahkan beberapa orang kerap mendengarkan lagu sambil tidur. Banyak yang percaya bahwa mendengarkan lagi saat ingin tidur akan membuat seseorang lebih cepat mengantuk.

Ada beberapa fakta yang mengatakan bahwa beberapa orang yang mendengarkan musik ringan tepat sebelum tidur bisa menenangkan dan membantu mereka tidur lebih nyenyak. Tetapi apakah kebiasaan ini aman untuk dilakukan?

Melansir dari Times Of India, Sabtu (1/12/2018), Menurut penelitian, kebiasaan Anda mendengarkan musik sebelum tidur atau akhirnya tertidur dengan earbud di telinga akan menimbulkan banyak bahaya. Meskipun tidak ada klaim bahwa kebiasaan ini dapat membunuh, tetapi kualitas tidur Anda semakin dipertanyakan.

Untuk waktu yang lama, sering dipercayai bahwa musik, dengan kualitasnya yang menenangkan, benar-benar dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Tetapi Anda lupa bahwa tubuh memiliki ritme sirkadian sendiri untuk mengikuti dengan menginduksi suara buatan.

Anda memaksa tubuh untuk bergantung pada sesuatu yang lain. Kebiasaan tidur nyenyak dengan musik ini sebenarnya tidak sehat untuk Anda dalam jangka panjang. Kebiasaan ini memaksa otak manusia untuk tetap aktif sepanjang waktu dan tidak mendapatkan istirahat yang dibutuhkan.

Ketika Anda benar-benar mendengarkan musik dan akhirnya tertidur, otak Anda tidak sepenuhnya mati. Bagian otak yang bertanggung jawab untuk interaksi dan penerimaan menjadi tidak sadar tetapi tidak benar-benar mendapatkan istirahat.

Tidak mendapatakan waktu tidur yang sempurna selama 8 jam juga dapat meningkatkan detak jantung manusia keluar dari kisaran normal dan ini sangat tidak sehat. Mendengarkan musik mungkin tampak memiliki dampak secara langsung. Tapi sebenarnya efek samping memasukkan earphone saat Anda pergi tidur akan membuat sakit pada gendang telinga bagian dalam dan memunculkan suara aneh.

Oleh sebab itu, jika Anda memiliki kebiasaan ini, Anda harus tahu bahwa Anda melakukan lebih dari merusakan telinga Anda. Tidak lupa, ada juga bahaya lain jika Anda mendengarkannya dengan volume tingkat tinggi.

Earbud mungkin tidak pas di telinga dan tekanan tambahan sebenarnya dapat menyebabkan nekrosis kulit. Earbud juga bisa menumpuk kotoran yang membuatnya tidak higienis dan juga dapat menghalangi pendengaran Anda.***
 


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar