PENCERDASAN POLITIK SEBAGAI BENTUK PERWUJUDAN SIKAP DEMOKRASI

PENCERDASAN POLITIK SEBAGAI BENTUK PERWUJUDAN SIKAP DEMOKRASI

Literatur ilmu politik pada umumnya memberikan konsep dasar demokrasi. Apapun label yang  diberikan kepadanya, konsep demokrasi selalu merujuk pemerintahan oleh rakyat. Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana semua warga negara memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan dan pembuatan hukum.

Pencerdasan politik sendiri sebenarnya adalah upaya untuk menumbuhkan kesadaran politik masyarakat yang mana ketika tumbuh kesadaran, masyarakat akan mudah untuk diajak berpartisipasi dalam politik. Pandangan public terhadap politik saat ini begitu rendah, banyak yang menganggap partai politik, wakil rakyat, dan pemerintahan dalam kondisi buruk. Pandangan mahasiswa terhadap politikpun masih dianggap sama rendahnya karena sama seperti kebanyakan masyarakat. pandangan ini muncul dikarenakan generasi muda pasif dalam kegiatan politik atau dengan menjadi hanya aktif berpolitik dimedia sosial.

Ketika persentase masyarakat yang memilih golput semakin tinggi artinya semakin rendah pula pemahan tentang politik. Hakikatnya, persoalaan ini juga Salah satu tanggung jawab partai politik. Fungsi partai politik adalah melakukan sosilisasi politik yang akan membentuk sikap dan orientasi politik masyarakat. Dengan kata lain partai politik juga memiliki tanggung jawab melaksanakan pencerdasan politik. Hanya saja hal ini belum banyak dilakukan karena partai politik banyak yang hanya sibuk dengan urusan pemilihan umum dan menyelesaikan konflik internal. Partai politik juga belum mampu memberi suri tauladan bagi perilaku politik yang etis dan sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa yang bermertabat.

Masyarakat kita pada umumnya, terutama kalangan menengah kebawah, masih terlalu lugu untuk bisa menyaring segala informasi yang masuk. Maka, jadilah semua ditelan mentah-mentah dan gampang disetir wacananya. Dan pada gilirannya masyarakat jadi bula-bulanan. Terjadi kegamangan ditengah masyarakat.

Pencerdasan politik menjadi hal yang begitu penting dalam dunia demokrasi agar masyarakat tidak jadi bola yang mudah digiring kemanapun perginya. Masyarakat harus mengerti tentang kondisi riil hari ini. Masyarakat harus mampu memilah dan memilih secara rasional dianatara pilihan yang ada, jangan sampai terbuta  hanya karena wacana media. 

Berita Lainnya

Index