Masyarakat Senang dan Antusias Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis PWI Inhu

Masyarakat Senang dan Antusias Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis PWI Inhu
Masyarakat antusias memeriksakan kesehatan dalam acara pemeriksaan kesehatan gratis PWI Inhu kerjasama dengan Diskes Inhu
INHU - Masyarakat merasa senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pemeriksaan gratis yang disediakan PWI Inhu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Inhu, Ahad (18/3/2018) usai senam sehat di Lapangan Hijau, Rengat.
 
 
Reni Mustikasari salah seorang warga mengucapkan terimakasih kepada PWI Inhu dan Diskes Inhu yang telah menyelenggarakan pemeriksaan gratis. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat, terutama warga kurang mampu.
 
"Saya baca di media online kalau ada kegiatan pemeriksaan gratis, makanya saya sengaja datang kesini mengajak tetangga untuk memeriksakan kesehatan. Saya sering pusing, ternyata kata dokter saya cavalgia dan saya juga dikasih obat sama dokter," terangnya. 
 
Dirinyapun berharap semoga kegiatan positif seperti ini sering-sering dilaksanakan, dan semoga PWI Inhu kedepannya semakin sukses dan berjaya.
 
 
Dari lebih kurang 150 orang yang mau memeriksakan kesehatannya usai acara senam jantung sehat, ada 3 jenis penyakit yang terdeteksi, diantaranya penyakit hipertensi, cavalgia (pusing-pusing,red) dan penyakit maag.
 
Menurut dua dokter tim medis Diskes Inhu, dr Syafrida Ria utusan Puskesmas Sipayung dan dr Ade Gunawan dari Puskesmas Kambesko menjelaskan, kalau penyakit hipertensi akibat dari gaya hidup, seperti seringnya makan berlemak, selalu stres, kurang istirahat, serta rokok.
 
"Untuk mengantisipasi penyakit hipertensi, seseorang penderita hipertensi haruslah merubah kebiasaan buruk gaya hidup, dengan mengurangi makanan berlemak, mengurangi makanan yang masin-masin, lakukan istirahat yang cukup serta lakukan olahraga secara teratur," kata dr Syafrida Ria yang dibenarkan dr Ade Gunawan.
 
Selanjutnya, penyakit cavalgia, diakibatkan juga kebiasaan gaya hidup yang buruk, seperti sering bergadang, kurang darah dan darah tinggi dan penyakit mag juga diakibatkan oleh buruknya gaya hidup.
 
"Masyarakat yang memeriksakan kesehatannya, jika terdeteksi penyakit kita kasih resep obat, kita juga sarankan untuk memperbaiki pola gaya hidup sehari-hari," kata dokter.
 
 
Sementara itu, ketua PWI Inhu, Efril Reza dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan, kalau kegiatan senam jantung sehat untuk membiasakan masyarakat berolahraga, sedangkan untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat gratis, dilakukan untuk membantu masyarakat yang tidak sempat memeriksakan kesehatannya di rumah sakit dan puskesmas terdekat.
 
"Terimasih kepada Diskes Inhu yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan PWI Inhu, kedepannya kegiatan serupa akan kita laksanakan secara kontiniew," ujarnya.(azi)

#Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index