Inilah Khasiat Nanas, Bisa Redakan Batuk Lebih Baik Dari Obat

Inilah Khasiat Nanas, Bisa Redakan Batuk Lebih Baik Dari Obat
Ilustrasi
weRiau.com - Buah nanas tentu sudah tak asing Iagi bagi kita masyarakat Indonesia. Namun sayangnya buah ini memiliki reputasi yang tak cukup baik berkaitan dengan manfaat kesehatannya, terutama untuk kesehatan tenggorokan. Banyak orang yang merasakan gatal di tenggorokan setelah memakannya. Padahal buah nanas ternyata mengandung banyak nutrisi dan manfaat kesehatan di dalamnya. 
 
Melansir Instagram @infodokter, Kamis 4 Januari 2018, salah satu manfaat nanas adalah kemampuannya untuk meredakan batuk yang ternyata lebih ampuh dari sirup obat batuk. 
 
Nanas mengandung enzim bernama bromelain yang diketahui bisa mengurangi peradangan yang bisa memicu arthritis, kanker, penyakit jantung, dan peradangan Iainnya dalam tubuh. Bromelain juga membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi gejala penyakit angina. Selain itu, bromelain juga bisa mengurangi |endir yang dimiliki oieh pasien tuberkulosis (TBC).
 
Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Der Pharma Chemica tahun 2010, peneliti mencoba menemukan manfaat bahan alami untuk pasien tuberkulosis. Dan ternyata campuran antara jus nanas mentah, cabai, garam, dan madu bisa membantu mengurangi lendir di dalam paru-paru. Dari hasil inilah, jus nanas pun ternyata bisa mengurangi lendir dan dahak yang tertahan di sistem pernafasan. terutama di tenggorokan, sehingga lebih cepat menyembuhkan batuk. (r24)
 

Berita Lainnya

Index