Bukan Salat Subuh, Generasi Now Bangun Tidur Ambil HP

Bukan Salat Subuh, Generasi Now Bangun Tidur Ambil HP
Photo : Istimewa. Anak bermain HP atau gadget.
weRiau.com -  Dunia dibikin candu oleh ponsel pintar atau smartphone. Pengaruhnya sangat besar bagi kehidupan sosial. Ada kecenderungan prilaku generasi zaman sekarang atau ‘zaman now’ jadi antisosial. Bahkan kewajiban beribadah pun tergeser oleh kebiasaan ber-gadget ria.
 
"Pada jam-jam sebelum tidur, lebih dari setengah remaja generasi Z berkirim pesan kepada teman-temannya," kata Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, dalam Pelantikan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Sabtu, 23 Desember 2017.
 
Begitu pula setelah bangun tidur, generasi Z lebih memilih langsung menggamit smartphone daripada mengerjakan hal lain seperti biasa dilakukan generasi sebelumnya. "Jadi kalau bangun tidur, ternyata yang diambil langsung handphone, bukan ke kamar mandi ambil wudhu untuk salat subuh," kata Khofifah.
 
Mengutip teori generasinya Karl Mannheim, Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu menjelaskan bahwa generasi Z adalah remaja yang lahir tahun 1995 sampai 2010. Sebelum itu, ada generasi millenial atau Y yang lahir tahun 1981 sampai 1994. Adapun generasi yang lahir tahun 1965 sampai sampai tahun 1980 adalah generasi Z.
 
Nah, yang terbaru adalah generasi alpha yang lahir tahun 2011 ke atas atau sekira anak SD. "Generasi alpha ini sebetulnya mereka yang paling terdidik dibandingkan seluruh masyarakat dunia. Sekolah-sekolah makin baik, gurunya mungkin nanti tahun 2025 enggak ada yang enggak pegang laptop," kata Khofifah.
 
Tetapi apa yang perlu disoroti dari generasi alpha ini? Ialah soal kepedulian sosial. Berbeda dengan generasi Z, generasi millenial dan alpha berkecenderungan antisosial, individualistik dan acuh terhadap orang sekitar. Salah satu sebab utamanya adalah candu smartphone.
 
"Ini PR orangtua dan guru-guru NU ke depan," ujar Khofifah.
 
 
Sumber : viva.co.id

Berita Lainnya

Index