Keluar Imbauan Jangan Berkendara 2 Januari, Ada Apa?

Keluar Imbauan Jangan Berkendara 2 Januari, Ada Apa?
foto : pixbay/ ilustrasi berkendara malam hari
weRiau.com - Baru-baru ini ada imbauan yang dirilis oleh British Medical Journal. Anjuran menyebut, sebaiknya hindari aktivitas berkendara pada 2 Januari 2018. Mereka tak sembarang mengeluarkan maklumat, karena pada tanggal itu dipercaya kecelakaan lalu lintas bakal lebih tinggi sekira 5,5 persen dari hari biasanya.
 
Seperti dilansir Motorcycle, Jumat, 15 Desember 2017, hal sama juga berlaku untuk tanggal 31 Januari, 2 Maret, 31 Maret, dan 30 April 2018. Penelitian menunjukkan kecelakaan bakal lebih tinggi karena bulan purnama. Risiko kecelakaan bahkan bisa lebih tinggi jika terjadi supermoon.
 
Menurut peneliti di Amerika Serikat, Donald Redelmeier dan Eldar Shafir, sejak Januari 1975 hingga Desember 2014, ada sebanyak 494 full moon. Dan data mencatat sejak sore hingga keesokan paginya terjadi 1.444 kecelakaan fatal pada kondisi demikian.
 
"Rata-rata ada 9,1 kecelakaan fatal selama bulan purnama. Sementara di hari-hari biasa ada 8,6 kecelakaan fatal yang berarti ada peningkatan 5,49 persen," kata Redelmeier.
 
Yang lebih mengkhawatirkan lagi, efeknya melonjak drastis jika ada supermoon. Peningkatan risiko kecelakaan fatal bahkan meningkat sebanyak 22 persen.
 
Tak dijelaskan secara gamblang apa alasan ilmiah hingga menyebabkan risiko kecelakaan menjadi tinggi pada supermoon dan full moon. Tetapi kondisi alam dikatakan berpengaruh pada peningkatan rasio bertambahnya potensi kecelakaan. Ditambah konsentrasi pengendara menjadi buyar akibat banyak melihat kejadian itu sambil berkendara. (rac)
 

Berita Lainnya

Index