Aneka Kuliner Khas Lombok, Sekali Icip Bikin Jatuh Hati

Aneka Kuliner Khas Lombok, Sekali Icip Bikin Jatuh Hati
sumber:wikipedia.org - foto: Plecing Kangkung

Tak hanya memiliki pesona alam yang luar biasa indahnya, Pulau Lombok juga punya aneka pilihan kuliner yang lezat. Banyak pilihan makanan khas Lombok yang harus banget kamu cicip selama liburan di pulau ini, dan beberapa rekomendasi berikut wajib masuk list buruan wisata kuliner di sana.

Dijamin, sebelum mencicip makanannya saja kamu sudah ngiler dan bergegas membeli tiket pesawat ke Lombok. Apa saja sih kulinernya, simak di sini yuk…

Plecing Kangkung

Makanan yang satu ini sangatlah sederhana, hanya sayur kangkung yang direbus dan disajikan dengan sambal segar yang rasanya amat khas. Namun, kangkung Lombok memiliki rasa dan tekstur yang berbeda dari kangkung di tempat lain di Indonesia. Ukurannya lebih besar, dengan rasa yang khas dan sangat segar.

Plecing selalu disajikan di rumah-rumah atau di warung, dan menjadi makanan wajib sehari-hari. Kamu bisa menikmatinya langsung dengan nasi, atau ditambah dengan lauk lain.

Sate Bulayak

sumber:indonesiakaya.com

Sate ini terbuat dari daging sapi yang dipanggang dan disiram bumbu kacang yang berwarna merah karena sudah dicampur dengan rempah. Bumbu ini membuat rasa sate daging sapi ini berbeda dari sate kebanyakan.

Selain itu yang membuat sate ini istimewa adalah karena disajikan dengan bulayak. Yaitu lontong yang dibentuk seperti lepat, membuat rasa dan bentuknya berbeda dengan lontong biasa.

Ares

Makanan yang satu ini terbuat dari ares atau bagian dalam batang pohon pisang. Ares yang masih muda dipotong kecil-kecil dan dimasak dengan santan. Rasanya tidak pedas, dan daging aresnya terasa seperti nangka muda yang gurih.

Ayam Taliwang

sumber:media.travelingyuk.com

Ayam yang bumbunya spesial ini sekarang mudah ditemui di kota-kota lain di Indonesia. Namun ayam taliwang yang asli dimasak di Lombok rasanya berbeda dengan yang ada di kota lain. Pilihlah ayam taliwang bakar, padukan dengan plecing kangkung dan nasi hangat. Hmm, sungguh menggoda lidah.

Sate Rembiga

Sate ini berasal dari Desa Rembiga, dengan bahan dasar daging sapi yang lembut dan gurih. Cita rasa sate ini bernuansa manis dan pedas, cocok dipadukan dengan nasi putih atau bisa juga dinikmati bersama lontong.

Dulu sate ini hanya bisa ditemui di Desa Rembiga, namun sekarang kamu bisa menikmatinya di mana-mana, termasuk di Mataram.

Sate Tanjung

Berbeda dengan sate bulayak dan rembiga yang berbahan dasar sapi, Sate Tanjung dibuat dari ikan cakalang yang dibakar dengan bumbu kuning. Rasanya tak perlu diragukan lagi, karena cakalang dari Lombok dikenal dengan kesegarannya dan daging yang tebal. Tak akan hancur ketika dibakar menjadi sate.

Bebalung

sumber:sayyidhakam.com

Kuliner yang satu ini terbuat dari daging dan tulang sapi atau kerbau. Yang wajib banget dicicip tentu versi kerbau, yang sulit ditemui di tempat lain selain di Lombok. Makanan berkuah ini cocok dinikmati ketika hari hujan atau malam tiba, karena kehangatan dan kelezatannya akan membuatmu melupakan rasa dingin.

Sudah bikin kepengen kan kuliner Lomboknya? Yuk segera buru tiket pesawat ke Lombok, dan nikmati lezatnya kuliner di pulau ini. Selain dapat makanan yang lezat, sudah pasti kamu bakal menikmati liburan yang seru di Lombok.

Dengan harga tiket pesawat ke Lombok yang semakin murah, sekarang liburan ke sana sudah nggak bikin pening lagi. Dan ada banyak penerbangan yang menyediakan rute ke Lombok, jadi kamu bisa memilih maskapai yang paling sesuai dengan budget.

Berita Lainnya

Index