Perlu Dikembangkan

Ternyata Desa Sungai Raya Miliki Situs Cagar Budaya

Ternyata Desa Sungai Raya Miliki Situs Cagar Budaya
Situs benda cagar budaya berupa makam Sultan dan raja-raja di Desa Sungai Raya Seberang perlu dikembangkan agar menjadi salah satu objek wisata di Inhu

RENGAT – Tidak hanya di Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat, tapi di Desa Sungai Raya wilayah seberang sungai Indragiri Kecamatan Rengat juga miliki situs benda cagar budaya, yakni makam Sultan Hasan gelar Sultan Salehudin Kerawatsyah yang pernah mengabdi pada Kesultanan Indragiri ratusan tahun silam serta sejumlah makam raja-raja Indragiri.

“Selama ini makam-malam tersebut diurus oleh petugas yang ditunjuk Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudsata) Inhu, baik bersihkan lahan maupun menjaga situs tersebut,” kata Kepala Desa Sungai Raya, Julmi, Senin (16/10/2017).

Dijelaskan, meski sudah dirawat dan dijaga oleh petugas yang ditunjuk Disporabudsata, namun situs tersebut harus dikembangkan lagi, artinya disekitar lokasi situs perlu dibangun berbagai infrastruktur penunjang, seperti semenisasi seluruh areal situs, pembangunan pendopo, pembangunan akses jalan menuju lokasi situs serta berbagai sarana penunjang lainnya.

Jika semua fasilitas penunjang itu telah memadai, seperti situs makam raja-raja di Desa Kota Lama tentu hal ini dapat mendorong minat masyarakat, baik lokal bahkan wisatawan internasional untuk datang dan mengunjungi situs tersebut.

“Dengan demikian, situs di Desa Sungai Raya juga menjadi salah satu objek bidang kepariwisataan,” ucap Kades.

Untuk itu, lanjutnya, pihak Desa Sungai Raya berharap agar Pemkab Inhu melalui Disporabudsata bisa mengajukan anggaran untuk pembenahan atau pengembangan situs itu (ril)

 

 

 

 

Berita Lainnya

Index