Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Awet dan Nutrisinya Terjaga

Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Awet dan Nutrisinya Terjaga
Photo : U-Report Cara menyimpan daging.
weRiau.com - Stok daging Anda melimpah saat hari raya Idul Adha, pasti Anda ingin menyimpannya agar bisa gunakan pada saat dibutuhkan. Tahu tidak, menyimpan daging kurban tidak bisa sembarangan, karena salah menyimpan daging kurban bisa membuat daging rusak dan tidak layak konsumsi.
 
Jadi tidak sekedar dimasukkan ke dalam kulkas saja, tapi ada trik-trik tertentu yang harus diperhatikan agar daging awet dan nutrisinya tetap terjaga. Sayangnya, tidak semua orang memahami cara menyimpan daging kurban dengan benar, sehingga stok daging yang dimilikinya jadi rusak dan tidak layak dikonsumsi lagi.
 
Pisahkan antara daging sapi dan daging kambing
Sebelum disimpan, sebaiknya Anda pisahkan dulu daging kambing dan daging sapi, karena biasanya keduanya tidak mungkin dimasak secara bersamaan.  Pemisahan kedua jenis daging ini juga memudahkan Anda saat ingin mengambilnya dari tempat penyimpanan. Berikan label atau kemasan khusus agar tidak salah.
 
Pisahkan Daging dari Jeroan
Biasanya daging kurban yang diberikan sudah bercampur antara daging, lemak, jerohan, kulit dan yang lainnya. Anda harus memisahkan bagian tersebut sebelum disimpan, karena umumnya jerohan lebih cepat rusak sehingga dikhawatirkan dapat merusak daging jika dijadikan satu.
 
Simpan daging dalam ukuran kecil
Memotong-motong dgaing kurban dalam ukuran tertentu sangat direkomendasikan dibandingkan menyimpan dalam ukuran besar. Selain proses pembekuan bisa lebih merata, cara ini juga memudahkan Anda mengambil daging simpanan tanpa merusak bagian yang lainnya.
 
Bungkus Daging Kurban dalam Plastik Food Grade
Wadah penyimpanan daging juga wajib diperhatikan loh, pastikan gunakan plastik food grade agar daging tidak mengalami dehidrasi sehingga warna dan teksturnya berubah.
 
Hindari menyimpan kembali daging beku yang sudah dikeluarkan hingga encer
Daging yang sudah dikeluarkan dari freezer dan esnya sudha mencair tidak boleh dimasukkan lagi ke dalam freezer karena justru dapat terkontaminasi mikroba yang mempercepat proses pembusukan daging.
 
Simpan daging dalam suhu yang tepat
Daging yang disimpan didalam kulkas bagian bawah bisa bertahan 3 sampai 4 hari, namun jika disimpan didalam freezer dengan suhu dibawah 10 hingga 12 derajat celcius, maka bisa bertahan hingga enam bulan.
 
Dengan proses penyimpanan yang benar, daging akan lebih awet dan nutrisinya tetap terjaga. Jadi Anda bisa memasaknya sewaktu-waktu dibutuhkan tanpa takut apakah daging layak dikonsumsi atau tidak. Semoga bermanfaat yaaa !
 
 
 
Sumber : dapurlagi.blogspot

Berita Lainnya

Index