Perusahaan di Pekanbaru Wajib Terapkan UMK 2024

Perusahaan di Pekanbaru Wajib Terapkan UMK 2024
Internet_

Riaukarya.com - Upah Minimum Kota (UMK) Pekanbaru 2024 telah diumumkan dan ditetapkan sebesar Rp3.451.584 setelah mendapatkan persetujuan dari Gubernur Riau terhadap usulan yang diajukan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru.

Syamsuir, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru, menyatakan bahwa langkah selanjutnya adalah menyosialisasikan besaran UMK ini kepada pengusaha atau perusahaan.

"Usulan UMK Kota Pekanbaru tidak ada perubahan atau direvisi Pemerintah Provinsi Riau. Besaran UMK Pekanbaru yang telah disetujui Gubernur Riau tersebut, masih sama seperti yang diusulkan tim dewan pengupahan Kota Pekanbaru," terang Syamsuir dikutip Rabu (6/12/2023).

Penting dicatat bahwa para pengusaha atau perusahaan memiliki kewajiban untuk menerapkan Upah Minimum Kota (UMK) yang baru sebesar Rp3.451.584 mulai 1 Januari 2024 mendatang sesuai dengan penetapan resmi tersebut.

"Artinya 1 Januari 2024 tersebut UMK sudah berlaku dan pelaku usaha ya terapkan ini," ungkapnya.

Ia menjelaskan, dalam menentukan UMK Pekanbaru, dilihat dari angka pertumbuhan ekonomi. Kemudian juga diukur dari tingkat Inflasi Kota Pekanbaru.

Sementara, pada tahun ini UMK Pekanbaru berada di angka Rp3.319.023. Jumlah itu mengalami kenaikan sebesar 8,83 persen dibanding UMK tahun 2022.

"Pekanbaru itu berada pada posisi mana nantinya. Nanti dilihat angka inflasi, angka pertumbuhan ekonomi. Di situlah dasar dasar kita menentukan angka UMK 2024," pungkasnya.*

#Riau

Index

Berita Lainnya

Index