7 Khasiat Buah Salak Bagi Kesehatan Yang Wajib Diketahui

7 Khasiat Buah Salak Bagi Kesehatan Yang Wajib Diketahui
weRiau.com - Salak disebut sallaka edulis, dalam bahasa latin sedangkan di Amerika dan Eropa buah ini disebut snake fruit karena bentuk kulit yang menyerupai sisik ular. Buah salak buah yang mudah didapatkan di Indonesia.
 
Hampir seluruh pulau Indonesia bisa djadikan lahan pertumbuhan buah salak. Ada beberapa varian salak yang sangat terkenal seperti salak Pondok, salak Swaru, Salak Bali, Salak Condet dan beberapa vairan lainnya. Yang paling terkenal adalah salak pondoh atau salak pondok yang dikenal memiliki rasa manis dari buah salak daerah lainnya.
 
Salak yang tumbuh hanya di daerah tropis memang tidak terkenal dibandingkan apel, jeruk, atau pisang karena masih banyak yang belum tahu manfaat yang terkandung pada buah salak untuk kesehatan tubuh.
 
Berikut manfaat salak bagi kesehatan:
 
1. Meningkatkan Kerja Otak
 
Dalam sebuah jurnal ilmiah, telah terbukti bahwa salak yang mengandung pectin dan potassium berguna untuk membantu meningkatkan kinerja otak. Kandungan potassium akan diserap dan membantu mengangkat kinerja otak dan mengendalikan detak jantung yang diatur oleh Sistem Saraf Otonom
 
2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
 
Kandungan vitamin C pada salak meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus penyakit.
 
3. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker Prostat
 
Kandungan pektik di dalam buah salak akan mencegah berkembang biaknya sel-sel kanker. Selain itu pektik juga membantu menimalisir proses apoptopis, yaitu sebuah proses bunuh diri dari sel-sel di dalam tubuh.
 
4. Membantu proses diet
 
Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi mampu untuk menahan lapar ketika sedang menjalankan program diet.
 
5. Mengobati diare
 
Salak mengandung tanin yang telah banyak dikenal sebagai bahan pengobatan pada diare.
 
6. Anti oksidan
 
Buah salak juga menjadi salah satu jenis buah yang mampu menjadi anti oksidan. Fungsi anti oksidan ini adalah fungsi untuk melindungi tubuh Anda dari serangan berbahaya akibat terpapar radikal bebas.
 
7. Menjaga Fungsi Penglihatan Mata
 
Kesehatan penglihatan mata ternyata tidak hanya bergantung pada wortel dan tomat yang banyak mengandung vitamin A. Buah salak juga berguna untuk menjaga fungsi penglihatan mata dikarenakan adanya kandungan betakarotin di dalam daging salak berguna dalam mengamankan kesehatan fungsi penglihatan.
 
 
Sumber: arah.com
 

Berita Lainnya

Index