Ngeri,Ternyata Ini Resiko Memiliki Perut Buncit

Ngeri,Ternyata Ini Resiko Memiliki Perut Buncit
weRiau.com - Perut buncit atau istilah ilmiahnya Obesitas Sentral seringkali dianggap sepele oleh sebagian besar orang yang mengalaminya. Bagi mereka hal ini wajar dan tidak akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. ternyata perut buncit merupakan indikasi bahwa ada ancaman terhadap kesehatan kita yang begitu mengerikan.
 
Stroke
 
Faktor utama perut yang membuncit adalah adanya endapan lemak jahat yang berlebihan. Tidak hanya di perut saja terdapat endapan lemak jahat tersebut. Tapi lemak jahat juga berpotensi besar mengendap pada saluran pembuluh darah, sehingga dapat terjadi penyumbatan yang disebut juga dengan aterosklerosis. Penyumbatan ini bisa membuat pembuluh darah menyempit dan mengakibatkan terjadinya pembekuan darah. Awal dari penyakit stroke adalah adanya pembuluh darah yang membeku, jadi walaupun merupakan faktor sekunder yang mengakibatkan stroke, tetap bahaya perut buncit bagi kesehatan harus diwaspadai.
 
Penyakit jantung
 
Salah satu kategori obesitas adalah seseorang yang mengidap perut buncit. Mereka rata – rata mempunyai resiko nyeri pada dada bagian kiri, serangan jantung, maupun gagal jantung yang tinggi. Resiko tersebut tergolong dalam penyakit jantung yang terjadi akibat dari pembuluh darah pada jantung yang tersumbat. Oleh karena itu berhati-hatilah akan bahaya perut buncit bagi kesehatan.
 
Penurunan fungsi paru-paru
 
Beberapa peneliti dari negara Finlandia menemukan bahwa perut yang terlalu besar terkait dengan penurunan volume dan fungsi paru-paru. Dibandingkan dengan seorang pria yang tidak memiliki perut buncit, pria yang memiliki kelebihan lemak pada perut diketahui memiliki nilai buruk saat tes pernafasan. Jika terus-terusan dibiarkan seperti itu maka bisa menyebabkan penyempitan saluran pernafasan dan menimbulkan penyakit paru kronis atau asma. Terkadang kita tidak menyadari bahaya perut buncit bagi kesehatan.
 
Diabetes tipe 2
 
Kenaikan berat badan yang mencapai 5-10 kg menyebabkan perut buncit dan kenaikan berat badan ini melebihi berat badan ideal yang membuat kemungkinan seseorang menderita diabetes dua kali lebih besar dibanding yang tidak mengidap perut buncit. Berdasarkan penelitian, sejumlah 80% penderita diabetes tipe 2 merupakan para pengidap perut buncit.
 
Kematian dini
 
Obesitas khususnya obesitas sentral (perut buncit) merupakan penyebab terjadinya kasus 300.000 kematian per tahun di negara Amerika Serikat, seperti diutarakan Center for Disease Control (CDC). Berdasarkan penelitian yang telah banyak dilakukan, bahaya perut buncit bagi kesehatan yaitu adanya kenaikan presentase resiko kematian dini sejumlah 50-100% pada penderita obesitas dibanding dengan seseorang yang tidak mengidap perut buncit ataupun obesitas.
 
 
 
Sumber: Jitunews 

Berita Lainnya

Index