Waspada! Jika Terima Pesan Ini di WhatsApp, Abaikan, Hapus Saja

Waspada! Jika Terima Pesan Ini di WhatsApp, Abaikan, Hapus Saja
Ilustrasi
weRiau.com - Di era digital, banyak cara bagi para pelaku penipuan untuk mengelabui korbannya. Salah satunya melalui aplikasi pesan WhatsApp. Sebuah situs yang menggunakan huruf Cyrillic, bahasa Rusia, agar terlihat seperti whatsapp.com, mengelabui pengguna WhatsApp melalui pesan. Pesan tersebut berisikan perintah untuk mengubah warna pada WhatsApp.
 
Jika Anda mengunjungi situs yang tertera tersebut Anda akan mendapatkan pesan yang menyebutkan "warna baru untuk WhatsApp, sekarang Anda dapat mengubah WhatsApp Anda dan membiarkannya menjadi warna favorit Anda," seperti dilansir dari VIVA.co.id, Sabtu, 20 Mei 2017.
 
Bahkan, agar terkesan "benar" situs itu menyatakan bahwa fitur mengubah warna ini tersedia di iOS, Windows, Apple, dan Blackberry. Kemudian, Anda diminta untuk berbagi situs ini kepada 12 teman untuk "verifikasi".
 
Begitu mereka telah memverifikasi, maka mereka memberitahu Anda bahwa fitur ini hanya tersedia melalui desktop, dan Anda perlu memasang ekstensi yang disebut "BlackWhats" dari Toko Web Chrome.
 
Namun yang akan terjadi bukanlah warna-warni pada fitur WhatsApp, sebenarnya Anda telah masuk perangkap malware jahat yang siap "mengacak-acak" file Anda. Kendati situs ini telah dihapus oleh Google, namun sebaiknya Anda tetap berhati-hati. (roc)

Berita Lainnya

Index