TAHUKAH ANDA

Sepuluh Ular Ini Diketahui Suka Memangsa Manusia Hidup-Hidup, Salah Satunya Dari Indonesia

Sepuluh Ular Ini Diketahui Suka Memangsa Manusia Hidup-Hidup, Salah Satunya Dari Indonesia
Ilustrasi
weRiau.com - Ular merupakan salah satu hewan melata paling dihindari oleh kebanyakan orang. Sebab bentuknya yang pipih, kecil, dan memanjang ular juga merupakan salah satu jenis hewan yang mematikan. 
 
Ular memiliki karakteristik yang mirip dengan kadal. Tubuhnya yang bersisik berguna untuk memudahkannya berjalan di dataran. Dengan menggunakan sisiknya, membantu ular untuk bernapas. Jenis sisik ini mirip dengan sisik yang di miliki oleh kadal.
 
Berikut ini adalah beberapa ular terbesar di dunia. Bahkan beberapa di antaranya terdapat di Indonesia. 
 
1. Ular titanoboa
 
Jenis ular ini merupakan salah satu contoh ular yang terbesar di jamannya lalu. Panjangnya bahkan mencapai 13,7 meter atau setara dengan 45 kaki serta memiliki berat tubuh sekitar 1,135 ton. Titanoboa merupakan ular terbesar yang pernah hidup di dunia. Pertama kali fosil ular ini ditemukan berada di hutan-hutan utara daerah Kolumbia sana.
 
Ular ini belum pernah ditemui secara langsung. Sebab peneliti hanya bisa menemukan fosil dari ular titanoboa ini. Salah satu jenisnya adalah Titanoboa cerrejonensis, yang merupakan ular purbakala terbesar. Arti dari nama Titanoboa cerrejonensis adalah ular titanoboa yang berasal dari Cerrejonensis, yang merupakan daerah dimana tempat fosil titanoboa itu di temukan.
 
Ular ini merupakan salah satu predator yang mematikan. Bahkan menjadi salah satu predator terbesar yang ada pada jaman pra sejarah selain keberadaan dinosaurus. 
 
2. Ular Phyton Guihua Sumatera
 
Pertama kali ditemukan saa berada di Pulau Sumatra. Panjangnya sekitar 15 meter dan memiliki berat sebesar 447 kilo gram. Konon ular ini sempat memangsa beberapa penduduk yang ada di sekitar sana.
 
Tanpa ragu ragu, ketika ular ini melihat manusia berada dalam kawasan sekitarnya, ia langsung mengejar. Bahkan bisa memangsa bulat-bulat seorang manusia dalam perutnya. 
 
3. Ular anaconda hijau
 
Ular yang satu ini sempat diabadikan dalam sebuah film layar lebar Hollywood dengan judul yang sama, yakni Anaconda. Bobot yang di miliki oleh ular ini sampai melebihi 100 kilogram. Ia juga memiliki kemampuan kuat untuk mencengkram mangsa yang membahayakan dirinya.
 
Panjang dari ular ini hanya mencapai 12 meter. Habitat asli dari ular ini berada di Amerika Selatan. Tepatnya di sungai Amazon. Biasanya mereka memburu binatang binatang besar yang ada di sekitarnya. Misalnya seperti monyet, kura-kura, sampai dengan buaya yang ada di sekitar sungai. Berbeda dengan manusia yang harus makan selama 3 kali salam sehari. Jenis ular anaconda hijau ini jika sudah sekali makan, ia bisa berpuasa dan tidak makan selama berminggu minggu. Karena masuk kedalam jenis reptilia, maka ia memiliki suhu tubuh yang dingin atau poikiloterm. Ini membuatnya untuk selalu berjemur di bawah sumber panas. Hal ini berguna untuk membuat energi dalam tubuhnya bisa merata.
 
Salah satu kemampuan istimewa dari ular ini adalah bisa merasakan getaran dan suhu tubuh dari mangsanya. Hal ini bisa membuatnya tenang di dalam air sungai. Lalu dengan tiba tiba ia memakan mangsanya tadi tanpa harus mengeluarkan seluruh tubuhnya dari air. Melalui indera penciuman yang tajam, ular anaconda termasuk salah satu jenis ular yang ganas.
 
4. Ular anaconda abuna
 
Jenis ular anaconda ini ditemukan di sungai Abuna Rio. Masyarakat memanggil ular ini sebagai si penunggu Abuna.
 
Ular ini memiliki panjang sekitar 14 meter. Meskipun tergolong buas dan membahayakan, banyak penduduk yang masih gemar untuk menangkap ular anaconda abuna ini. Hal ini di karenakan kebiasaan anaconda abuna yang sering menyerang kapal kapal yang berlayar melintasi sungai Amazon. 
 
5. Ular Phyton Burma
 
Merupakan salah satu jenis ular terbesar yang di temukan di daerah Burma, Filipina. Jenis ular ini juga kerap dinamakan dengan ular phyton Filipina. Biasanya mereka hidup di tempat tempat tropis yang banyak mengandung air dan kaya akan pepohonan. Ular jenis phyton ini dianggap sebagai ular yang mematikan. Bisanya mampu membunuh orang dengan cepat.
 
Thomas Headland mengungkapkan bahwa ular ini sudah memakan banyak korban. Bahkan hampir seperempat populasi dari suku Agta mulai menurun karena ulah dari ular ini. 
 
6. Ular Boa China
 
Ular ini sempat menghebohan rakyat China dengan kedatangannya. Panjang ular ini bahkan mencapai 55 kaki, atau skeitar 16 meter lebih. Pertama kali ular ini menjumpai beberapa pekerja pembangunan yang ada di sekitar jalan di Kota Guping Jiangxi, China.
 
Penemuan ular ini terjadi secara tidak sengaja. Ketika para pekerja hendak melakukan pembabatan hutan, mereka merasa melihat sesuatu yang aneh. Ternyata setelah didekati, sesuatu itu berwujud ular boa. Sempat hal ini menjadi ramai di perbincangkan oleh masyarakat Chinna di dunia maya dan menjadi trending topik seketika di media sosial dan di kota guping jiangxi china.
 
7. Ular Phyton Australia
 
Jenis ular phyton ini merupakan salah satu ular yang sangat mengerikan di dunia. Bobotnya yang sangat besar, serta mulutnya yang amat lebar. Kemampuannya dalam melilit ular juga sangat di pastikan sangat kuat. 
 
Ular jenis phyton olive ini bahkan mampu melahap hewan wallaro, yakni salah satu jenis dari kangguru yang menjadi obyek mangsanya. Sehingga ular phyton australia ini sangat membahayakan nyawa makhluk hidup disekitarnya sehinggaa perlu dilakukan pengasingan pada jenis hewan ular phyton australia ini.
 
Namun dari sekian ular ular phyton Australia Barat ini belum pernah mangsa manusia. Sebab mereka tinggal berada jauh dari tempat tinggal masyarakat setempat.
 
8. Ular Inyakamba
 
Tanah Afrika merupakan tempat yang luas dan masih memiliki lahan lahan perhutanan yang cukup lebar. Tak salah jika benua ini banyak di kenal sebagai salah satu kerajaan hewan. Masih banyaknya hewan hewan yang tinggal dan hidup di sana. Baik binatang buas, yang besar sekali seperti raksasa, dan yang kecil. Salah satunya juga terdapat ular raksasa yang masih tinggal dan hidup di tanah Afrika. Misalnya adalah ular Inyakamba. Menurut perkiraan, ular Afrika ini memiliki panjang tubuh sekitar 15 meter.
 
Salah satu turis yang sedang berjalan jalan di tanah Afrika, tidak sengaja mendapatkan potret ular ini. Meskipun Inyakamba merupakan jenis ular yang tidak berbisa, namun mendekatinya juga bukan langkah yang tepat. Sebab ular ini mampu menjerat mangsanya dengan melilitkan tubuh ular kepada mangsanya.
 
9. Ular Yakumama
 
Meskipun belum diketahui secara pasti, namun banyak orang meyakini bahwa ular Yakumama merupakan ular terbesar saat ini. Panjangnya hampir mencapai 40 meter dengan diamater 2 meter. Sangat besar sekali. Bahkan bisa melahap 2 orang sekaligus dalam sekali mangsa. Ular ini di temukan berada di Sungai Amazon, wilayah Peru yang menjadi sungai paling panjang di dunia.
 
Konon menurut penuturan masyarakat, jika ular ini bergerak gerak di bawah air sungai terasa getarannya. Bahkan sungai Amazon mampu terguncang hebat. 
 
10. Ular Nabau
 
Jenis ular ini masuk ke dalam kategori ular raksasa di dunia dan hidup di Indonesia. Selain panjang, berat tubuhnya juga sangat besar.
 
Konon katanya, panjang tubuh dari ular ini mencapai 30 meter. Penemuan ular ini oleh warga setempat, yang di namakan dengan nabau. Salah satu kebiasaan dari ular ini adalah melintasi Sungai Balek. Merupakan salah satu sungai yang panjang di daerah Kalimantan.  (r24)

Berita Lainnya

Index