Indonesia Vs Uni Emirat Arab: Tim Garuda Kalah 0-5

Indonesia Vs Uni Emirat Arab: Tim Garuda Kalah 0-5
Indonesia kalah 0-5 dari Uni Emirat Arab (Foto: dok. PSSI)

DUBAI - Indonesia ditumbangkan Uni Emirat Arab (UEA) 0-5 pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ali Mabkhout dan Fabio Lima bikin brace ke gawang Muhammad Riyandi.

Indonesia menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) di pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Grup G di Zabeel Stadium, Dubai, Jumat (11/6/2021) malam WIB. UEA mampu mencetak dua gol di babak pertama lewat Ali Mabkhout (menit ke-22) dan Fabio Lima (28').

Saat kedudukan 2-0, Indonesia sebenarnya punya peluang untuk menipiskan ketinggalan di menit ke-38. Namun, sepakan penalti Evan Dimas bisa ditepis Ali Khaseif.

Selepas turun minum, UEA menambah tiga gol dari Ali Mabkhout (menit ke-48') dan Fabio Lima (55') yang membuat brace, dan Sebastian Tagliabue. UEA menutup laga dengan kemenangan 5-0.

Meski menang, UEA hanya mampu finis di peringkat kedua Grup G dengan 15 angka. Mereka terpaut dua angka dari Vietnam di puncak klasemen.

Vietnam pada laga yang bersamaan menang 2-1 dari Malaysia. Sementara, Indonesia berada di posisi juru kunci dengan hanya mengumpulkan satu angka.

Jalannya Pertandingan 

UEA mengambil inisiatif menyerang di awal laga. Namun, lini belakang Tim Garuda mampu tampil disiplin meredam serangan pasukan Bert van Marwijk. UEA terus mengurung lini pertahanan Indonesia. Pada menit ke-16, UEA menebar ancaman.

Umpan silang dari sisi kanan bisa menemui Walid Abbas di kotak penalti. Sundulan kapten UEA ini masih terlalu lemah hingga bisa diamankan Muhammad Riyandi.

UEA akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-22. Sepakan Khalfan Mubarak di sisi kanan kotak penalti yang ditepis oleh Riyandi mampu disambar oleh Ali Mabkhout uang berdiri di depan gawang. UEA unggul 1-0.

Indonesia punya kesempatan di menit ke-26. Memanfaatkan kesalahan lini belakang UEA, Kushedya Hari Yudo mendapat bola di depan kotak penalti UEA.

Ia berusaha melepas umpan terobosan ke Evan Dimas. Namun, Evan Dimas sedikit terlambar dalam menyongsong bola hingga bisa diserobot bek UEA.

Dua menit kemudian, Al Abyad mampu menggandakan keunggulan. Umpan silang Mahmoud Alhammadi di sisi kiri menuju Fabio Lima di tiang jauh.

Fabio melepas sundulan terukur ke kanan gawang Indonesia. Bola tak mampu dijangkau Riyandi yang membuat unggul UEA.

Selepas water break, Indonesia lebih berani keluar menyerang. Hasilnya mereka mendapat hadiah penalti di menit ke-38. Penalti diberikan setelah umpan Asnawi yang menusuk dari sisi kanan mengenai tangan Walid Abbas.

Peluang emas yang dimiliki Indonesia untuk mencetak gol ini disia-siakan oleh Evan Dimas. Evan yang maju sebagai eksekutor tembakan mendatarnya ke arah kanan bisa ditepis oleh Ali Khaseif.

Pada menit ke-41, UEA hampir menjauh saat Khalfan Mubarak terbebas di kotak penalti. Namun, sepakannya masih bisa dibendung Riyandi.

Skor 2-1 untuk keunggulan UEA menutup babak pertama.

Tiga menit selepas jeda, Wasit menunjuk titik putih untuk UEA selepas Adam Alis mengganjal Khalfan Mubarak. Ali Mabkhout yang mengeksekusi penalti dengan baik menjalankan tugasnya.

Ia melepas tembakan keras ke arah kanan. Riyandi tak kuasa menahannya, meski bisa membaca arah bola.

Masuknya Egy Maulana dan Witan Sulaeman membuat lini depan Indonesia sedikit lebih hidup. Pada menit ke-49, kombinasi umpan pendek Asnawi dan Egy bisa membongkar lini pertahanan UEA.

Egy bisa melepas umpan tarik menghindari terjangan dari Ali Khaseif. Namun, bola masih bisa dihalau Shaheen Abdalla.

UEA semakin menjauh di menit ke-55. Mereka kembali membobol gawang Indonesia lewat skema yang mirip dengan gol kedua.

Umpan silang Mahmoud Alhammadi menemui kepala Fabio Lima. Ia mengungguli dua bek Indonesia untuk melepas sundulan keras yang menggetarkan jala Riyandi. UEA unggul 4-0.

Pada menit ke-71, Riyandi melakukan penyelamatan untuk menghindarkan Indonesia kembali kebobolan. Ia menepis upaya jarkak dekat Muhammad Juma yang menyambar umpan Ali Mabkhout.

Tim Merah Putih berusaha memberikan ancaman dari usaha jarak jauh Syahrian Abimanyu. Usahanya ini masih bisa ditepis Ali Khaseif. Egy sebenarnya berada di posisi menguntungkan untuk melakukan rebound. Namun, ia justru terpeleset.

Pada menit ke-86, UEA mencetak gol kelimanya pada laga ini. Tembakan keras Sebastian Tagliabue di sisi kanan kotak penalti menghujam gawang Indonesia.

Laga berakhir dengan kemenangan UEA 5-0.

Susunan Pemain

Indonesia: Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Arif Satria (Syahrian Abimanyu 64'), Rizky Ridho (Didik Wahyu 84') , Pratama Arhan; Osvaldo Haay (Witan Sulaeman 46'), Adam Alis, Evan Dimas (Muhammad Rafli 76'), Rachmat Irianto, Kadek Agung; Kushedya Hari Yudo (Egy Maulana 46')).

Uni Emirat Arab: Ali Khaseif; Walid Abbas (Hasan Al Muharrami 84'), Shaheen Abdalla (Khalifa Al Hammadi 70'), Bandar Al Ahbabi, Mahmoud Alhammadi; Ali Hassan Alblooshi, Abdalla Bekheet (Majed Hassan 63'); Ali Ahmed Mabkhout (Sebastian Tagliabue 81'), Khalfan Mubarak, Caio Canebo Correa (Mohammed Juma Eid 63'), Fabio Lima.

#Sepak Bola

Index

Berita Lainnya

Index