KPBD Inhu Dirikan Posko Induk Penanggulangan Bencana Banjir

KPBD Inhu Dirikan Posko Induk Penanggulangan Bencana Banjir
Kalaksa KPBD Inhu, Paino SP berfoto bersama dengan unsur TNI-Polri, Organisasi Masyarakat (Ormas), KNPI, Karang Taruna, Pemuda Pancasila dan Satgas yang ada di KPBD Inhu.
RENGAT - Dalam rangka mengantisipasi banjir yang semakin meluas, Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mendirikan posko induk penanggulangan bencana banjir, pada Senin (6/3/2017) bertempat di samping Jembatan Trio Amanah, Rengat.
 
Dalam pendirian Posko Induk tersebut, KPBD melibatkan unsur TNI-Polri, Organisasi Masyarakat (Ormas), KNPI, Karang Taruna, Pemuda Pancasila dan seluruh Satgas yang ada di KPBD Inhu.
 
Kepala Pelaksana (Kalaksa) KPBD Inhu, Paino SP saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa pembentukan posko induk tersebut, karena sudah banyak kejadian diwilayah Inhu yang terendam banjir. Bahkan dari 14 kecamatan, tercatat hampir 6 kecamatan dan 17 desa yang terdampak banjir luapan air dari sungai indragiri maupun dari anak-anak sungai indragiri.
 
Pada minggu yang lalu, kata Paino, dibagian hulu anak-anak sungai indragiri airnya meluap, bahkan terjadi banjir bandang di daerah hulu. Namun untuk kali ini air sudah mulai berkumpul di sungai indragiri, sehingga yang terdampak adalah wilayah yang berada di sepanjang daerah aliran sungai (DAS). Selain itu, kiriman air dari Sumatera Barat dan Kuantan Singingi juga sangat berkontribusi besar bagi naiknya debet air diwilayah Inhu.
 
Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), perkiraan hujan akan terus terjadi hingga pertengahan bulan Maret mendatang. Oleh sebab itu masyarakat harus senantiasa waspada.
 
Paino yang juga merupakan tokoh masyarakat Kecamatan Seberida ini meminta kepada kepala desa dan camat yang ada di Kabupaten Inhu agar segera mengkoordinasikan kejadian banjir di wilayahnya kepada KPBD Inhu, supaya kedepannya dapat diambil tindakan maupun langkah strategis untuk mengatasinya.
 
"Semoga dengan adanya Posko Induk penangulangan banjir ini, dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi maupun melaporkan segala sesuatunya terkait bencana banjir," harapnya. (dil)

Berita Lainnya

Index