Perwakilan Dinas PMD Inhu Ikuti Workshop Tata Kelola keuangan BumDes di Pekanbaru

INHU - Kabid PED Dinas PMD Inhu bersama Fasilitator Kabupaten Bumdes Inhu mengikuti workshop "Tata Kelola Keuangan BumDes" menggunakan  Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Badan Usaha Milik Desa (SIA BUMDES), 26 -27 April 2021 di Pekanbaru.

Kabid PED Dinas PMD Inhu, Bu Mis mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini adalah adanya acuan baku tentang sistem pelaporan keuangan BUMDes, terbantunya pengelolaan transaksi operasional, akuntansi, dan kinerja BUMDes yang transparan dan akuntabel, serta memperkuat tata kelola keuangan BUMDes di Riau.

Kegiatan yang difasilitasi oleh narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Riau sebagai perpanjangan tangan dari BPKP Pusat selaku pemegang hak cipta dari Aplikasi SIA BUMDes ini, dilaksanakan dengan memberikan sosialisasi terkait Petunjuk Teknis Penyusunan Laporan Keuangan dan pengenalan aplikasi SIA BUMDes, setelah itu dilanjutkan dengan bimbingan teknis singkat penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi SIA BUMDes.

Kegiatan diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta kegiatan. Hal ini dikarenakan Aplikasi SIA BUMDes memberikan kemudahan bagi para peserta dalam menyusun laporan keuangan yang andal. 

Pada kesempatan, Buk Mis mengungkapkan bahwa perwakilan BPKP berpesan kepada para peserta agar penatausahaan keuangan dilaksanakan dengan baik dengan menggunakan aplikasi SIA BUMDes BPKP seraya mengingatkan agar tidak terjadi masalah hukum yang menimpa BUMDes di Riau  yang berkaitan dengan tata kelola keuangan.***






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar