Mendikbud Gandeng Ombudsman untuk Kawal UN 2017

Mendikbud Gandeng Ombudsman untuk Kawal UN 2017
Muhadjir Effendy
weRiau.com – Memastikan kesiapan soal Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan pada April mendatang, Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tinjau proses produksi percetakan soal Ujian Nasional (UN) di PT. Jasindo Tiga Perkasa.
 
Dalam kunjungannya, Muhadjir  meminta kepada pihak percetakan, agar mengemas paket soal dengan baik. Dan memastikan kualitas cetak serta kesiapan dalam pendistribusian soal tersebut ke beberapa daerah.
 
"Naskah UN siap dicetak, dan tahun ini kita tingkatkan keamanan serta distribusi soal-soal UN. Kita juga bekerja sama dengan Ombudsman untuk mengawal pelaksanaan UN," kata Muhadjir Effendy, di Jalan Raya Betro, Sedati Sidoarjo, Selasa (28/02)
 
Menurutnya, naskah yang sudah selesai dilakukan pencetakan, akan diserahkan ke kepala dinas pendidikan di masing-masing provinsi. Untuk didistribusikan ke kabupaten atau kota setempat.
 
"Naskah UN tahun ini lebih sedikit dibandingkan pelaksanaan UN tahun sebelumnya. Karena sekarang sudah banyak yang beralih ke UNBK atau sistem komputerisasi," tuturnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur PT. Jasindo Tiga Perkasa, menyampaikan bahwa tahun ini, terdapat lima percetakan yang bertanggung jawab mencetak naskah soal UN yang berbasis kertas pensil. Percetakan Jasindo Tiga Perkasa bertanggung jawab untuk menyediaan soal di Regional 5 wilayah Propinsi Banten, Jawa Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat
 
"Saat ini soal untuk SMP sudah selesai cetak dan memasuki tahap penyelesaian, sedangkan soal UN tingkat SMA dan SMK untuk wilayah Papua dan Papua Barat sudah rampung dan dikirimkan ke ibu kota provinsi setempat," jelas Hendra Susanto Derektur PT. Jasindo Tiga Perkasa
 
Berdasarkan Prosedur Operasi Standar (POS), Ujian Nasional untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), akan diselenggarakan pada tanggal 10 sampai dengan 13 April 2017, untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dilaksanakan pada tanggal 2 sampai dengan 8 Mei dan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan diselenggarakan lebih awal yakni pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017 mendatang.
 
Sumber:jatimitimes

Berita Lainnya

Index