Penyebab Valentino Rossi Finish Ke-12 pada MotoGP Qatar 2021

Penyebab Valentino Rossi Finish Ke-12 pada MotoGP Qatar 2021

RiauKarya.com - Pebalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi menjelaskan penyebab dirinya cuma bisa finish di luar 10 besar pada balapan MotoGP Qatar 2021.

Valentino Rossi mengawali balapan MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (28/3/2021) malam atau Senin dini hari WIB, dari urutan keempat.

Namun, pada awal balapan, The Doctor disalip oleh para pebalap di belakangnya, sehingga dia melorot ke posisi ketujuh.

Posisi Rossi terus merosot setelah itu. Akhirnya, pebalap yang identik dengan nomor 46 itu hanya bisa finis ke-12.

Selepas balapan, Rossi menjelaskan mengapa dirinya begitu keteteran pada balapan yang berlangsung selama 22 lap itu.

"Dalam balapan saya sangat kesulitan karena setelah beberapa lap saya mengalami masalah dengan ban,” ucap Rossi, seperti dikutip dari Crash, Senin (29/3/2021).

"Entah mengapa kami terlalu membebani ban belakang dan sepertinya ban belakang mulai kehilangan performa dan cengkeraman, jadi setelah beberapa lap Saya tidak cukup cepat," tutur pebalap 42 tahun itu.

Rossi sebenarnya sudah merasa ada masalah di ban belakang motornya sejak sesi latihan bebas MotoGP Qatar.

Rider asal Italia itu berharap problem itu segera diselesaikan agar bisa kompetitif pada balapan-balapab berikutnya.

"Ini (masalah ban) juga terjadi pada hari Jumat. Kami mencoba melakukan sesuatu tetapi sayangnya kami tidak memperbaiki masalah tersebut," kata Rossi.

"Saat balapan, saya berharap ban belakang tidak bermasalah karena suhu trek lebih dingin, tetapi semuanya sama dan balapannya sulit. Saya berjuang keras, tetapi juga kehilangan banyak posisi," imbuhnya.

"Saya sudah mengatakan apa perasaan saya dan sekarang kami akan berusaha memperbaiki dan memperbaiki masalah agar lebih kuat pekan depan," ucap Rossi.

Cengkeraman ban belakang merupakan masalah yang sudah menjadi "musuh" lama Rossi. Dia sering mengeluhkannya musim lalu saat masih bersama Monster Energy Yamaha. 

Sementara itu, balapan pada MotoGP Qatar dimenangi oleh mantan rekan Valentino Rossi, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha).

Vinales mengungguli Johann Zarco (Pramac Racing Ducati) di posisi runner-up dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

Selanjutnya, para pebalap akan kembali mengadu kecepatan di Sirkuit Losail, tetapi kali ini event-nya bernama MotoGP Doha 2021.

Rangkaian MotoGP Doha dijadwalkan bergulir akhir pekan ini pada 2-4 April 2021.

#Moto GP

Index

Berita Lainnya

Index