Program UPSUS

Kawal Swasembada Pangan, Dandim 0302/Inhu Turun ke Sawah Menanam Padi

Kawal Swasembada Pangan, Dandim 0302/Inhu Turun ke Sawah Menanam Padi
DandiM 0302/Inhu, Letkol Inf Mujibburrahman Hadi SE menanam padi di Desa Kuala Cenaku, Kecamatan Kuala Cenaku, Inhu
KUALA CENAKU - Dandim 0302/Inhu Letkol Inf Mujibburrahman Hadi SE melaksanakan pengawalan program Upaya Khusus (UPSUS) Swasembada pangan dengan cara langsung turun kesawah membantu penanaman padi milik kelompok tani Sri Wederi Desa Kuala Cenaku Kecamatan Kuala Cenaku, Inhu seluas 46 Hektar, beberapa waktu yang lalu.
 
Dalam kegiatan pengawalan Program UPSUS Swasembada Pangan, Dandim 0302/Inhu di dampingi oleh Bahtren Ketua Gapoktan, UPTD Pertanian Kuala Cenaku Ibu Sarnita, PPL Eko, Danramil 01/Rengat Kapten Inf Kadarisman, Babinsa Desa Kuala Cenaku Serka Yoserzal  dan Sertu Suroso beserta anggota Kelompok Tani Sri Wederi. 
 
Pada kesempatan itu Dandim 0302/Inhu selain terjun langsung membantu menanam padi milik Kelompok Tani  Sri Wedari juga memberikan semangat dan arahan kepada Kelompok Tani agar lebih giat dan selalu bekerjasama dengan Babinsa dan PPL dalam pengolahan padi sawah. 
 
"Penanaman padi harus menggunakan sistem Jajar Legowo (Jarwo) supaya hasilnya meningkat dan saat panen tiba jangan lupa berkoordinasi dengan Babinsa untuk mendukung program Serapan Gabah," terangnya.
 
Dandim juga berharap kepada  Babinsa dan PPL harus siap mengawal keberhasilan Program UPSUS Swasembada Pangan khususnya di Kecamatan Kuala Cenaku.
 
Sementara itu, Bahren selaku ketua Kelompok Tani Sri Wederi Desa Kuala Cenaku sangat berterima kasih sekali kepada Dandim 0302/Inhu yang telah memerintahkan Babinsanya dan PPL selalu aktif untuk memberikan pendampingan dan juga penyuluhan tentang meningkatkan hasil produksi padi, dan juga selama ini selalu memperhatikan nasib petani. 
 
Semenjak menggunakan cara penanaman padi dengan menggunakan jajar legowo sangat di rasakan hasilnya oleh masyarakat khususnya  para Poktan Sri Wedari Desa Kuala Cenaku.
 
"Semula hasil panen yang dicapai per hektar satu kali panen antara 4 - 4,5 ton, sekarang semenjak menggunakan dengan cara Jajar Legowo hasil panen meningkat dari biasanya menjadi 5 - 6 ton per hektar," ungkapnya.
 
Hal ini, lanjut Bahren, sangat menggembirakan bagi petani khususnya Poktan Sri Wedari Desa Kuala Cenaku Kecamatan Kuala Cenaku.
 
Dalam kesempatan lain Dandim 0302/Inhu Letkol Inf Mujibburrahman Hadi SE juga selalu menekankan kepada anggota Babinsa, bila setiap ke wilayah binaan agar selalu mempedomani sikap teritorial yang baik agar kita selalu dapat menarik simpati masyarakat yang ada diwilayah dan selalu berkoordinasi dengan PPL  bila akan melaksanakan kegiatan yang bertujuan tentang pendampingan upsus sehingga apa yang dikerjakan di lapangan selalu singkron. (wo)

Berita Lainnya

Index