Laksanakan RAT

UEK SP Maju Bersama Simpang Kelayang Santuni 27 Kaum Dhuafa dan 35 Anak Yatim

UEK SP Maju Bersama Simpang Kelayang Santuni 27 Kaum Dhuafa dan 35 Anak Yatim
Pengurus UEK-SP Maju Bersama berfoto bersama
KELAYANG - Memasuki awal tahun 2017, Usaha Ekonomi Kelurahan-Simpan Pinjam  (UEK- SP) Maju Bersama Kelurahan Simpang Kelayang Kecamatan Kelayang melaksanakan Musyawarah Kelurahan Pertanggung Jawaban Tahunan (MKPT) tahun buku 2016, pada Rabu (8/2/2017).
 
Pada acara MKPT tahunan yang berlangsung di Gedung pertemuan kantor camat Kelayang tersebut dihadiri oleh, Lurah Simpang Kelayang Ismail, para ketua RT dan RW, tokoh masyarakat serta warga pemanfaat. Selain itu juga hadir Kasi PMD kantor camat Kelayang Kodri, S.Pd, Kabid Pemberdayaan Ekonomi dan Tekhnologi Tepat Guna Dinas PMD kabupaten Inhu, Henny Herfianti Isfia, S.IP, Bina Bumdes dan Kerjasama Ekonomi Desa, Lailan Sapinah, S.Sos.
 
Acara MKPT UEK SP Maju Bersama ini dimulai dengan ditandai dengan pemberian santunan kepada 27 kaum dhuafa dan 35 orang anak yatim dilingkungan Kelurahan Simpang Kelayang.
 
Pada kesempatan ini, Ketua UEK SP Maju Bersama Noor Fiansyah, ST menyebutkan bahwa berdasarkan dari data, hingga saat ini UEK SP Maju Bersama terus mengalami peningkatan pinjaman mencapai 15 persen setiap tahunnya dengan perkembangan mencapai 80 persen.
 
"Untuk pengantisipasian penunggakan-penunggakan tersebut, kita turun langsung ke nasabah dengan meminta anggunan, ada juga angsuran yang dicicil, setelah itu memperpanjang masa pinjaman nasabah sebelum melakukan pinjaman, tujuannya ialah memperkecil angka angsuran perbulannya," terangnya.
 
Ya, sejak berdirinya UEK SP Maju Bersama pada tahun 2015 lalu, diakuinya memang banyak terjadi penunggakan bagi pemanfaat, namun solusi yang ia terangkan diatas hingga tahun 2016 ternyata telah mampu mengumpulkan dana simpanan pokok anggota mencapai angka Rp 4.000.000.
 
"Tantunya, ditahun 2017 ini akan terus kita evaluiasi kinerja kita. Mengevaluasi bagaimana caranya kita bisa menghindari terjadinya tunggakan-tunggakan bagi pemanfaat, serta juga mengevaluasi calon-calon pemanfaat nantinya, karena merupakan akar pokok permasalahan yang terus terjadi," tukasnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Lurah Simpang Kelayang Ismail, juga mengharapkan kepada pengurusan UEK SP Maju Bersama kedepannya agar lebih kreatif lagi dalam mencari cara dalam pengantisipasi penunggakan tersebut.
 
"Kita tau bahwa selama ini para pengurus UEK SP Maju Bersama telah melakukan berbagai cara dalam mengantisipasi penunggakan tersebut, dan untuk kedepannya kita sangat mengharapkan agar para mengurus jangan berhenti dalam berusaha, kita juga berharap agar pengurus dapat menemukan langkah yang lebih efektif lagi dalam pengantisipasian tunggakan-tunggakan yang terus terjadi," harapnya.
 
Pada acara puncak MKPT UEK SP Maju Bersama juga diisi dengan penyerahan hadiah dan doorprize bagi 25 orang pengguna yang masuk kategori rajin dalam membayar angsuran dengan tujuan ialah untuk memancing pemanfaat lain agar ikut rajin membayar angsuran. (had)

Berita Lainnya

Index