16 Desa di Batang Cenaku, Inhu Sudah Siapkan SPj

16 Desa di Batang Cenaku, Inhu Sudah Siapkan SPj
Bayuja Aris Ariyasya SP
BATANG CENAKU – 16 desa naungan Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) telah siapkan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) 2016. Artinya, satu kesiapan itu merupakan syarat mutlak menuju pencairan Anggaran Dana Desa (ADD), baik dari sumber Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maupun Negara (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2017 tahap I.
 
Siapnya LPj dari 16 desa tersebut diungkapkan oleh salah seorang tenaga Fasilitator Kecamatan (FK) terkait, Bayuja Aris Ariyasya SP saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (7/2/2017) sekira pukul 13.00 WIB di Kantor Batang Cenaku.
 
Dengan rampung dan tersodornya LPj ke 16 desa tersebut berarti masih terdapat 4 desa lagi masih berkutat siapkan LPj. Ke 4 desa yang dimaksud adalah desa Kepayang Sari, Lahai Kemuning, Batu Papan dan Desa Sipang. Bahkan Bayu mengatakan tumpukan SPj/LPj tersebut kini tengah diperiksa oleh tim Inspektorat Inhu sejak 2 hari berlalu.”Dua hari ini masih sibuk siapkan berkas itu di depan Inspektorat,” sebutnya.
 
Sekedar untuk diketahui perguliran ADD tiap tahun memiliki mekanisme pencairan. Untuk dana APBD, memiliki 4 tahap proses pencairan dengan sistem 20 persen untuk pencairan tahap I, 30 persen tahap II, 30 persen tahap III dan tahap IV, 20 persen. Sementara untuk dana APBN hanya 2 tahap yakni 60 persen tahap I dan 40 persen tahap II. (ckc)

Berita Lainnya

Index